Kompas TV regional jawa barat

Koboi Bukan Sembarang Koboi, Dia adalah Koboi Kabayan, Julukan untuk AKBP Sutorih

Kompas.tv - 9 Mei 2023, 15:42 WIB
koboi-bukan-sembarang-koboi-dia-adalah-koboi-kabayan-julukan-untuk-akbp-sutorih
Kasat Binmas Polrestabes Bandung AKBP Sutorih, polisi nyentrik yang berpakaian ala koboi. (Sumber: Tangkapan layar Kompas TV)
Penulis : Fiqih Rahmawati | Editor : Eddward S Kennedy

BANDUNG, KOMPAS.TV - Penampilan yang berbeda tampak dari Kepala Satuan Pembinaan Masyarakat (Kasat Binmas) Kepolisian Resor Kota Besar (Polrestabes) Bandung AKBP Sutorih yang tampil nyentrik dengan pakaian ala koboi.

Sutorih memadukan pakaian seragam Polri-nya dengan rompi kulit dan topi koboi. Tak heran, dia dijuluki Koboi Kabayan.

Nama tersebut rupanya merupakan singkatan. Koboi singkatan dari Komandan Babin Okei, sementara Kabayan merupakan kepanjangan dari Kami Bahagia Melayani Anda.

Baca Juga: Kapolda Metro Bakal Telusuri Polisi 2 Kali Tolak Pihak AG Laporkan Mario Dandy soal Kasus Pencabulan

“Kenapa saya berpakaian seperti ini, ini termotivasi dari pengertian koboi dulu, koboi itu kepanjangan dari Komandan Babin Okei, jadi Kasat Binmas ini adalah komandannya Babin,” jelas Sutorih kepada Kompas TV, Selasa (9/5/2023).

Nama Kabayan dari tokoh imajinatif dari budaya Sunda yang terkenal sebagai tokoh yang lucu. Sutorih bilang, Kabayan mencerminkan identitas dari tanah Pasundan.

“Dengan pakaian ini adalah ala koboi, makanya kami namakan Koboi Kabayan, kenapa ada kabayan? Identitas Tatar Pasundan adalah yang kocak dan lucu adalah seorang Kabayan,” jelas dia.

Penampilan nyentrik ala koboi itu dilakukan untuk meningkatkan citra Polri dalam pelayanan terhadap masyarakat, khususnya bagi masyarakat Bandung.

Gagasan berpakaian ala koboi itu juga telah mengantongi izin dari atasan sehingga Sutorih tak khawatir dikenai sanksi.

Baca Juga: Gaduh Penculikan Anak di Medsos, Ini Respon Kapolrestabes Bandung

Bahkan, penampilan tersebut juga berhasil membuat Sutorih dan anggota Polrestabes Bandung lebih dekat dengan warga. Tidak sedikit warga yang memberikan respons positif terhadap Sutorih, sang polisi koboi.



Sumber : Kompas TV


BERITA LAINNYA



Close Ads x