Kompas TV nasional rumah pemilu

Daftar Nama Bakal Capres-Cawapres yang Masuk Dalam Bursa Relawan Jokowi, Anies Tak Ada

Kompas.tv - 9 Mei 2023, 10:55 WIB
daftar-nama-bakal-capres-cawapres-yang-masuk-dalam-bursa-relawan-jokowi-anies-tak-ada
Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan meresmikan penggunaan Halte Bundaran HI di Jalan MH Thamrin, Jakarta Pusat pada Sabtu (15/10/2022). (Sumber: Kompas.com/MITA AMALIA HAPSARI)
Penulis : Fadel Prayoga | Editor : Desy Afrianti

JAKARTA, KOMPAS TV - Musyawarah Rakyat (Musra) yang digelar oleh 18 organisasi relawan pendukung Presiden Joko Widodo (Jokowi) tak merekomendasikan nama Anies Baswedan sebagai bakal capres di Pilpres 2024.

Baca Juga: Surya Paloh Akui Koalisi Parpol Pro Anies Kerap Diganggu: Karena Dikhawatirkan, Ada Sesuatu

Penanggung Jawab Musra Budi Arie Setiadi menjelaskan, peserta Musra yang mengusulkan Anies sebagai bakal capres hanya sedikit, sehingga pihaknya tak mengusulkan nama mantan gubernur DKI Jakarta tersebut.

"Anies enggak masuk. Mohon maaf Anies tidak termasuk, suaranya ada tapi tidak terlalu signifikan," kata Budi seperti dikutip dari Kompas.com, Senin (8/5/2023).

Nama-nama yang terjaring untuk diusukan bakal capres dalam Musra adalah Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo, Ketua Umum Partai Gerindra Prabowo Subianto, dan Ketua Umum Partai Golkar Airlangga Hartarto. 

Sementara, sosok yang diusulkan menjadi bakal cawapres ada empat nama, yaitu Menteri Koordinator Bidang Politik, Hukum, dan Keamanan Mahfud MD. 

Kemudian, Kepala Staf Kepresidenan Moeldoko, Ketua Umum Kamar Dagang dan Industri Arsjad Rasjid, serta Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Sandiaga Uno. 

Meski nama-nama di atas punya suara yang tinggi berdasarkan hasil Musra, mereka belum tentu akan mengantongi dukungan dari organisasi relawan pendukung Jokowi. 

Sebab, arah dukungan kelompok relawan tersebut akan bergantung pada instruksi dari Jokowi. Musra hanya cara untuk menjaring aspirasi publik soal nama bakal capres dan cawapres. 


 

"Enggak ada yang diusung oleh Musra. Musra (hanya) mengusulkan nama-nama. Nanti tunggu aja Pak Jokowi perintah kita dukung siapa," kata Budi. 

Menurut rencana, Jokowi akan menyampaikan instruksi terkait arah dukungan pada Pilpres 2024 kepada relawannya dalam acara puncak Musra di Istora Senayan, Minggu (14/5/2023) akhir pekan ini. 

Baca Juga: Dari 5 Nama Kandidat Surya Paloh Tidak Tahu Siapa yang Dipilih Anies Baswedan sebagai Cawapres

"Kita tungggu bersama apa yang akan diperintahkan oleh Pak Jokowi kepada kami semua di acara puncak Musra," kata Budi.




Sumber : Kompas TV


BERITA LAINNYA



Close Ads x