Kompas TV internasional kompas dunia

Presiden Jokowi Sebut Penyerahan Bantuan Kemanusiaan untuk Myanmar Diwarnai Baku Tembak

Kompas.tv - 8 Mei 2023, 17:46 WIB
presiden-jokowi-sebut-penyerahan-bantuan-kemanusiaan-untuk-myanmar-diwarnai-baku-tembak
Menteri Luar Negeri (Menlu) Republik Indonesia (RI) Retno Marsudi (kiri), Presiden Joko Widodo atau Jokowi (tengah), dan Menteri Sekretaris Negara (Mensesneg) Pratikno dalam konferensi pers di Labuan Bajo, Manggarai Barat, Nusa Tenggara Timur (NTT), Senin (8/5/2023). (Sumber: Tangkapan layar Youtube Sekretariat Presiden/Nadia Intan F.)
Penulis : Nadia Intan Fajarlie | Editor : Edy A. Putra

MANGGARAI BARAT, KOMPAS.TV - Presiden Joko Widodo (Jokowi) menyebut penyerahan bantuan kemanusiaan dari ASEAN Coordinating Centre for Humanitarian Assistance (AHA Center) untuk warga yang menjadi korban konflik di Myanmar, diwarnai baku tembak.

"Kemarin, AHA Center didampingi tim monitoring ASEAN akan menyerahkan bantuan kemanusiaan, tapi sangat disayangkan, di tengah perjalanan terjadi baku tembak-menembak," kata Presiden Jokowi dalam konferensi pers di Labuan Bajo, Manggarai Barat, Nusa Tenggara Timur (NTT), Senin (8/5/2023).

Ia menegaskan, peristiwa tersebut tak akan menyurutkan tekad Indonesia dan ASEAN untuk menyerukan perdamaian.

"Yang ingin saya tegaskan bahwa hal ini tidak akan menyurutkan tekad ASEAN dan Indonesia untuk menyerukan kembali hentikan kekerasan, stop using force, stop violence," tegas Jokowi.

"Karena rakyat yang akan menjadi korban, karena kondisi ini tidak akan membuat siapa pun menang," imbuhnya.

Presiden Jokowi menerangkan, berbagai upaya telah dilakukan oleh Indonesia sebagai ketua ASEAN.

Salah satunya, lanjut dia, keketuaan Indonesia mampu memfasilitasi AHA Center untuk menyelesaikan penilaian kebutuhan bersama (joint needs assessments) untuk Myanmar.

"Alhamdulillah keketuaan Indonesia mampu memfasilitasi AHA Center sehingga joint needs assessments mampu diselesaikan, yang sempat tertunda cukup lama karena masalah akses," urainya.

Baca Juga: Jokowi Desak Isu Perdagangan Manusia di Myanmar Masuk Agenda KTT ASEAN

Presiden ketujuh Republik Indonesia ini pun menilai kondisi konflik di Myanmar saat ini sangat kompleks.



Sumber : Kompas TV


BERITA LAINNYA



Close Ads x