Kompas TV nasional rumah pemilu

Golkar-PKB Gencar Bangun Koalisi Besar, Jusuf Kalla: Idenya Bagus, tapi Tidak Mudah

Kompas.tv - 5 Mei 2023, 06:20 WIB
golkar-pkb-gencar-bangun-koalisi-besar-jusuf-kalla-idenya-bagus-tapi-tidak-mudah
Ketua Umum Partai Golkar Airlangga Hartarto dan Wakil Presiden ke-10 dan 12 Jusuf Kalla memberikan keterangan pers seputar pertemuan di kediaman Jusuf Kalla di Jakarta, Kamis (4/5/2023). (Sumber: Kompas.com/Kristianto Purnomo)
Penulis : Gilang Romadhan | Editor : Hariyanto Kurniawan

JAKARTA, KOMPAS.TV - Jusuf Kalla menyebut wacana Partai Golkar dan PKB dalam menggencarkan pembentukan koalisi besar adalah ide yang bagus, tetapi tidak mudah dilakukan. 

Hal tersebut diungkapkan oleh Jusuf Kalla di kediamannya di Jalan Brawijaya, Jakarta Selatan, Kamis (4/5/2023) setelah menerima kunjungan dari Ketua Umum Partai Golkar, Airlangga Hartarto. 

"Tentu ada suatu pikiran. Tapi, dalam praktik politiknya tentu tidak mudah untuk menyatukan semuanya. Ide ini bagus, tapi pelaksanaan secara riilnya, tentu membutuhkan upaya yang keras," kata Jusuf Kalla dalam Breaking News KOMPAS TV. 

Baca Juga: Kunjungi Jusuf Kalla, Airlangga: Saya Sampaikan Update Koalisi yang Sedang Dibangun Golkar

"Tapi kita lihat kenyataan kita sekarang, bahwa terbentuk arah pandang apakah itu tetap tiga calon itu, akan terjadi." 

Wacana membentuk koalisi besar kembali berembus usai pertemuan antara Airlangga dan Ketum PKB Muhaimin Iskandar pada Rabu (3/5/2023) lalu. 

Airlangga tidak menampik bahwa kedua partai ini akan melobi kolega di masing-masing koalisinya untuk melebur dan menjadi sebuah koalisi besar.

Saat ini, Golkar tergabung dalam Koalisi Indonesia Bersatu (KIB) dengan Partai Amanat Nasional (PAN) dan Partai Persatuan Pembangunan (PPP).

Sementara PKB tergabung dalam Koalisi Kebangkitan Indonesia Raya (KKIR) dengan Partai Gerindra.

Baca Juga: Partai Golkar dan PKB Sepakat Jadi Motor Bentuk Koalisi Besar

"Kita siap untuk menjadi inti daripada menjaga pembangunan dan juga untuk melakukan komunikasi-komunikasi politik terhadap partai-partai yang memang ingin melanjutkan program ke depan," kata Airlangga dalam konferensi pers setelah pertemuan di Restoran Plataran, Senayan, Jakarta, Rabu (3/5)..

"Kita berdua berbicara koalisi besar, besar itu membutuhkan koalisi inti dan koalisi inti itulah yang kita duduk bersama," kata Airlangga.


 




Sumber : Kompas TV


BERITA LAINNYA



Close Ads x