Kompas TV internasional kompas dunia

Penobatan Megah Raja Inggris Charles III Telan Biaya hingga Rp1,8 Triliun, Siapa yang Membayar?

Kompas.tv - 4 Mei 2023, 06:05 WIB
penobatan-megah-raja-inggris-charles-iii-telan-biaya-hingga-rp1-8-triliun-siapa-yang-membayar
Raja Inggris Charles III sudah resmi sebagai Raja Kerajaan Inggris Raya, namun tetap menggelar upacara penobatan megah dan berbiaya mahal hari Sabtu (6/5/2023) karena dianggap sebagai agenda penting. Ini alasan kenapa upacara penobatan Raja Charles III dianggap penting bagi Inggris, siapa yang membayar dan siapa saja yang akan hadir. (Sumber: Straits Times)
Penulis : Edwin Shri Bimo | Editor : Vyara Lestari

LONDON, KOMPAS.TV - Kerajaan Inggris hari Sabtu, (6/5/2023) akan menggelar upacara penobatan Raja Charles III dengan penuh kemegahan dan berbiaya Rp1,8 triliun di tengah krisis biaya hidup rakyat Inggris yang bahkan kesusahan untuk makan sehari-hari. 

Charles III sudah resmi jadi Raja Kerajaan Inggris Raya, namun upacara penobatan megah dan berbiaya mahal tetap akan digelar karena dianggap sebagai agenda penting.

Berikut ini alasan kenapa upacara penobatan Raja Charles III dianggap penting bagi Inggris, siapa yang membayar, dan siapa saja yang akan hadir, seperti laporan Associated Press, Rabu (3/5/2023).

Yang jelas, kemegahan, kerumitan, dan simbolisme tradisi penobatan raja yang sudah berlangsung selama lebih dari 1.000 tahun akan mewarnai penobatan raja baru ini. Namun, tradisi baru dan sejumlah perubahan dari penobatan ibunda Charles, Ratu Elizabeth II 70 tahun silam, akan ditampilkan. 

Baca Juga: Putri Anne, Adik Raja Charles III, Tolak Ide Pemangkasan Peran Monarki Inggris

Raja Charles III, raja baru Inggris setelah Ratu Elizabeth II meninggal dunia. Charles III sudah resmi sebagai Raja Kerajaan Inggris Raya, namun tetap menggelar upacara penobatan megah dan berbiaya mahal hari Sabtu, (6/5/2023) karena dianggap sebagai agenda penting, ini alasan kenapa upacara penobatan Raja Charles III dianggap penting bagi Inggris, siapa yang membayar dan siapa saja yang akan hadir. (Sumber: Hugo Burnand/Getty/People Magazine)

Apa pentingnya penobatan Raja Charles III bagi rakyat Inggris?

Dengan hasil jajak pendapat menunjukkan dukungan untuk monarki melemah dalam beberapa tahun terakhir, ini adalah kesempatan bagi Charles untuk mencari dan memamerkan dukungan publik.

Kerumunan diperkirakan akan memadati jalan-jalan untuk memberikan sambutan kepada raja baru, dan orang banyak akan berdiri di luar Buckingham Palace menunggunya muncul di balkon setelah prosesi.

Meskipun kritik terhadap keluarga kerajaan relatif redup beberapa tahun terakhir karena menghormati ratu dan tujuh dekade pelayanannya kepada negara, kemungkinan akan ada banyak diskusi tentang apakah Britania Raya masih membutuhkan institusi kuno ini atau jika harus menjadi republik dengan kepala negara terpilih.

Pemimpin kelompok anti-monarki Republik mengatakan akan mengadakan lebih dari 1.000 pengunjuk rasa berpakaian kuning yang berteriak "Bukan raja saya!" saat prosesi kerajaan melintas.

Bagi sebagian besar orang, ini akan menjadi kesempatan untuk merayakan menjadi orang Inggris atau menunjukkan dukungan mereka terhadap institusi yang menjadi subjek ketertarikan bagi begitu banyak orang di seluruh dunia.

Jalan-jalan akan dipenuhi dengan bendera Union Jack, penonton akan berpakaian merah, putih, dan biru, dan jet militer akan terbang di atas dengan asap berwarna bendera nasional.

Kemegahan dan kehebohan dari upacara penobatan juga akan mengingatkan pada masa ketika Britania Raya adalah negara paling kuat di dunia.

Baca Juga: Mewahnya Jubah Penobatan Raja Inggris Charles III, Berusia Ratusan Tahun, Terbuat dari Benang Emas

Raja Charles III saat memberikan pernyataan atas wafatnya Ratu Elizabeth II, Jumat (9/9/2022). Charles III sudah resmi sebagai Raja Kerajaan Inggris Raya, namun tetap menggelar upacara penobatan megah dan berbiaya mahal hari Sabtu, (6/5/2023) karena dianggap sebagai agenda penting. Ini alasan kenapa upacara penobatan Raja Charles III dianggap penting bagi Inggris, siapa yang membayar dan siapa saja yang akan hadir. (Sumber: Yui Mok/Pool Photo via AP)

Siapa yang membayar upacara penobatan Raja Charles III?

Masyarakatlah yang akan membayar biaya penobatan Raja Charles III. Belum ada perkiraan resmi tentang berapa biayanya. Beberapa laporan memperkirakan biaya bisa mencapai 100 juta poundsterling atau sekitar Rp1,8 triliun.

Perayaan ini datang saat Inggris sedang mengalami krisis biaya hidup yang membuat banyak orang kesulitan membeli bahan bakar untuk pemanasan rumah mereka di musim dingin dan memenuhi kebutuhan makanan sehari-hari.



Sumber : Associated Press


BERITA LAINNYA



Close Ads x