Kompas TV lifestyle kuliner

Noda Teh di Cangkir Susah Hilang? Coba Cara Ini

Kompas.tv - 3 Mei 2023, 08:30 WIB
noda-teh-di-cangkir-susah-hilang-coba-cara-ini
Penelitian itu menyimpulkan, asupan teh yang lebih tinggi dikaitkan dengan risiko kematian yang lebih rendah di antara mereka yang minum 2 cangkir atau lebih per hari (Sumber: AP Photo)
Penulis : Gilang Romadhan | Editor : Vyara Lestari

JAKARTA, KOMPAS.TV - Punya pengalaman kesulitan menghilangkan noda teh di cangkir? Coba cara-cara berikut ini.

Teh menjadi minuman yang paling umum untuk dihidangkan untuk tamu. Apalagi seperti musim lebaran yang baru saja kita lewati, kita sering menghidangkan teh kepada para tamu dan keluarga yang datang ke rumah. 

Sering kali dalam cangkir yang kita gunakan terus-terusan untuk menghidangkan teh akan berubah menjadi kecoklatan muda dan kusam seiring berjalannya waktu. 

Apakah kamu tahu bahwa teh mengandung senyawa bernama tanin, yang mampu membuat bekas noda teh semakin susah untuk dibersihkan. 

Baca Juga: Resep Teh Jahe, Minuman Sehat untuk Sahur, Baik bagi Penderita Asam Lambung

Bekas noda teh pada cangkir ini bisa dibersihkan menggunakan cairan kimia. Tetapi, ada pula cara yang lebih mudah dan murah tentunya, yang bisa kamu lakukan dengan menggunakan bahan dapur.

Berikut tips yang dikutip dari Better Homes & Gardens, The Spruce, dan Good Housekeeping berikut: 

1. Rendam cangkir dengan air hangat dan sabun cuci piring

Normalnya, kita berusaha menghilangkan noda pada peralatan makan kita dengan mencucinya menggunakan sabun cuci piring.

Hal tersebut tidaklah salah, karena sabun cuci piring dapat menjadi bahan pertama dan utama yang mampu menghilangkan noda teh pada cangkir.

Tetapi. berikut adalah cara agar sabun cuci piring tersebut bisa bekerja lebih efektif untuk menghilangkan noda khususnya noda teh pada cangkir. 

Caranya, teteskan sedikit sabun cuci piring ke dalam cangkir, kemudian tuangkan air hangat secukupnya hingga menutupi noda, aduk campuran tersebut, lalu diamkan beberapa saat. 

Atau, cara lainnya yang bisa kamu coba adalah menuang air hangat pada wadah yang besar seperti baskom, kemudian tambahkan sabun cuci piring. Lalu kamu bisa merendam cangkir tersebut selama beberapa menit sampai sabun meresap ke dalam noda.

Baca Juga: Teh Tarik yang Istimewa Pas Buat Berbuka Puasa | Cooking Is Fun

2. Lumuri cangkir dengan pasta baking soda

Cara kedua yang bisa kamu lakukan adalah menggunakan baking soda. Baking soda dapat membersihkan hampir semua peralatan dapur, tak terkecuali cangkir teh.

Selain itu juga baking soda adalah bahan pembersih yang mudah didapatkan, murah, serbaguna, dan ramah lingkungan. Ini bisa menjadi pengingat untuk kamu agar memastikan bahan ini selalu ada di rumah karena manfaatnya yang beragam. 



Sumber : Kompas TV


BERITA LAINNYA



Close Ads x