Kompas TV lifestyle tren

Kulit Pisang Ternyata Bisa Dimanfaatkan Jadi Pupuk Penyubur Tanaman, Ini Caranya

Kompas.tv - 2 Mei 2023, 08:05 WIB
kulit-pisang-ternyata-bisa-dimanfaatkan-jadi-pupuk-penyubur-tanaman-ini-caranya
Ilustrasi pupuk alami berbahan kulit pisang. (Sumber: Kompas.com)
Penulis : Gilang Romadhan | Editor : Vyara Lestari

JAKARTA, KOMPAS.TV - Pohon pisang adalah salah satu jenis tanaman yang banyak dijumpai di Indonesia. Sangat mudah bagi pohon pisang untuk tumbuh dan hidup di berbagai daerah hampir di seluruh Indonesia.

Perawatannya juga sangat mudah. Bahkan, bagi beberapa orang pohon pisang tidak memerlukan perawatan dan dibiarkan tumbuh dengan sendirinya.

Selain mudah ditemukan dan tidak memerlukan perawatan yang khusus, pohon pisang memiliki segudang manfaat. Mulai dari buah, daun, batang, sampai kulit dari buah pisang itu sendiri. 

Siapa sangka bahwa kulit pisang yang biasanya kita buang bisa dimanfaatkan karena memiliki kandungan yang kaya akan gizi dan nutrisi, antara lain kandungan air tinggi, karbohidrat yang tinggi, protein, kalsium yang tinggi, fosfor, besi, dan mengandung vitamin B6 serta B12. 

Kandungan yang ada pada kulit pisang ini bermanfaat untuk kesehatan, mulai dari kesehatan manusia hingga tumbuhan. Bahkan, tren memanfaatkan kulit pisang sebagai pupuk alami tumbuhan, melonjak beberapa tahun terakhir.

Awal mula tren ini dimulai dari kebiasaan dan hobi baru beberapa orang ketika pandemi Covid-19 yang memaksakan kita untuk tetap di rumah. Kemudian beberapa orang berbondong-bondong untuk menyibukkan diri dengan kegiatan dan hobi baru yang bermanfaat tanpa harus keluar rumah. Salah satunya adalah merawat dan mengoleksi tanaman hias. 

Baca Juga: Satgas Yonif Raider Khusus 136/TS Budidaya Kacang Sacha Inchi,Tanaman Kaya Manfaat

Sejalan dengan hal tersebut, juga banyak dibagikan melalui sosial media tips-tips untuk merawat tanaman hias, termasuk salah satunya menggunakan sampah organik sebagai pupuk alami. Satu yang mudah didapatkan, seperti yang sudah disebutkan sebelumnya adalah kulit pisang.

Bagaimana cara menggunakan kulit pisang sebagai pupuk alami?

Caranya cukup sederhana, yaitu dengan menggunakan air kulit pisang. Dikutip dari Reader’s Digest, Minggu (30/4/2023), Stephanie Stephenson, penulis Rose Gardening, menjelaskan bahwa tren penggunaan kulit pisang ini bermanfaat untuk menyuburkan tanaman. Hal tersebut didasarkan pada air kulit pisang tersebut itu mudah dan sederhana. Selain itu juga bisa menjadi pupuk alami untuk tanaman yang pastinya lebih aman untuk tanaman.

Disebutkan juga oleh Stephenson, bahwa pisang kaya akan potasium, kalsium, fosfor, dan magnesium. Kombinasi ini dapat merangsang dan baik bagi pertumbuhan tanaman Anda.

Apa itu air kulit pisang?

Sederhananya, air kulit pisang adalah air yang direndam bersamaan dengan kulit pisang itu sendiri. Caranya, simpan kulit pisang dalam air selama beberapa minggu dalam wadah. Setelah itu, air bisa digunakan dengan cara menuangkan cairan tersebut ke tanaman.

Sesuai teori, merendam kulit pisang mampu melepaskan nutrisi seperti kalium dan kalsium ke dalam air, sehingga air kulit pisang ini bisa menjadi pilihan sebagai pupuk cair alami yang mudah dan murah.

Baca Juga: Resep Es Pisang Ijo Khas Makassar, Enak dan Menyegarkan, Cocok untuk Menu Buka Puasa

Apakah air kulit pisang ampuh menyuburkan tanaman?

Sebagian besar orang percaya karena sudah membuktikan sendiri hasilnya. Tetapi untuk saat ini memang belum ada bukti ilmiah yang membuktikan bahwa air pisang yang mengandung cukup potasium ini mampu memberikan perubahan yang signifikan bagi tanaman.

Namun, justifikasi penggunaan air kulit pisang tersebut dapat dijelaskan dengan logis. Sebagaimana telah diungkapkan sebelumnya bahwa kandungan potasium pada pisang cukup melimpah, yang merupakan mikronutrien krusial yang mampu merangsang pertumbuhan tanaman, memperkuat struktur batang, dan meningkatkan ketahanan tanaman terhadap kekeringan serta serangan hama.

Kulit pisang perlu dipecah untuk melepaskan nutrisi dalam bentuk yang dapat diserap oleh tanaman yaitu salah satu yang efektif adalah dalam bentuk cairan.

Menurut penelitian yang dilakukan oleh Makere University College, membuat cairan dengan kulit pisang yang direbus mungkin merupakan cara yang lebih efektif untuk meningkatkan potasium. Akan tetapi, diperlukan penelitian lebih lanjut mengenai hal tersebut.

Paling tidak, memanfaatkan pupuk yang berasal dari air kulit pisang merupakan metode organik dan alami untuk meningkatkan efektivitas penyiraman dan menghindari penggunaan pupuk sintetis yang mahal, menurut Aster W Green, penulis Companion Planting in Raised Bed Gardens.

Baca Juga: 5 Tanaman Herbal yang Diyakini Mampu Meningkatkan Gairah Seks pada Pria 

Tanaman apa yang menyukai air kulit pisang? 

Air kulit pisang dapat digunakan pada tanaman apa pun di taman atau koleksi tanaman hias. Karena seperti yang sudah disebutkan sebelumnya, air kulit pisang ini bersifat organik. Sehingga hal tersebut tidak akan akan merugikan tanaman. Walaupun, perlu penelitian lebih dalam lagi mengenai seberapa efektif air kulit pisang ini.

Kalium yang ada pada kulit pisang sangat bermanfaat untuk tanaman buah dan tanaman bunga, meskipun menambahkan kalium pada tanaman juga akan memberikan beberapa manfaat. 



Sumber : Kompas TV


BERITA LAINNYA



Close Ads x