Kompas TV nasional rumah pemilu

Survei Litbang Kompas: Ridwan Kamil dan Sandiaga Uno Bisa Tingkatkan Suara Ganjar Pranowo di Pilpres

Kompas.tv - 30 April 2023, 06:30 WIB
survei-litbang-kompas-ridwan-kamil-dan-sandiaga-uno-bisa-tingkatkan-suara-ganjar-pranowo-di-pilpres
Sandiaga Uno unggah foto dirinya bersama Ridwan Kamil di akun Instagram pribadinya @Sandiuno, Sabtu (15/9/2018). (Sumber: Instagram @Sandiuno/Kompas.com)
Penulis : Johannes Mangihot | Editor : Hariyanto Kurniawan

JAKARTA, KOMPAS.TV - Nama Ridwan Kamil dan Sandiaga Uno dinilai mampu meningkatkan kantong suara bakal capres dari PDI Perjuangan, Ganjar Pranowo, di Pilpres 2024.

Hal tersebut tertuang dalam hasil survei Litbang Kompas yang digelar pada 25 Januari-4 Februari 2023. 
Dalam hasil survei terhdap 1.200 responden nama Sandiaga dan Ridwan Kamil masuk jajaran teratas yang direkomendasikan responden untuk mendampingi Ganjar di Pilpres 2024.

Peneliti Litbang Kompas Toto Suryaningtyas menjelaskan Ridwan Kamil kuat di Jawa Barat. Keterpilihan Ganjar di Jawa Barat hanya 22,5 persen.

Baca Juga: Hasil Survei Litbang Kompas: Ridwan Kamil Mampu Isi Keterbatasan Ganjar Pranowo

Di DKI Jakarta, RK atau Ridwan Kamil juga populer dan pemilih RK cenderung generasi muda. 

Toto menilai jika berpasangan dengan RK, Ganjar memiliki potensi besar untuk membantu perolehan suara di Pulau Jawa, khususnya di Jawa Barat.

"Kalau Sandi kuat di Kalimantan dan Sulawesi, latar belakang ekonomi juga tinggi karena Sandi pengusaha. Berbeda dengan RK, Sandi pemilihnya lebih dewasa," ujar Toto dalam rilis survei Litbang Kompas, Sabtu (29/4/2023).

Hasil survei Litbang Kompas, kekuatan RK di Pulau Jawa 63 persen, sedangkan Ganjar 64,1 persen. Di luar Jawa, RK memiliki kekuatan 37 persen, sedangkan Ganjar 35,9 persen. 

Baca Juga: Terungkap Detik-detik Sandiaga Hengkang dari Gerindra, Sekjen: Dia Tergoda Survei

Di sisi lain keterpilihan RK di kaum perempuan lebih tinggi dari Ganjar. Keterpilihan RK di kaum perempuan yakni 56,1 persen sedangkan Ganjar hanya 46,5 persen. Ganjar lebih dominan dipilih kaum laki-laki yakni 53,5 persen. 



Sumber : Kompas TV


BERITA LAINNYA



Close Ads x