Kompas TV nasional rumah pemilu

Pengamat Politik Nilai Pertemuan Golkar dan Demokrat Bakal Berlanjut, Ini Alasannya

Kompas.tv - 30 April 2023, 05:35 WIB
pengamat-politik-nilai-pertemuan-golkar-dan-demokrat-bakal-berlanjut-ini-alasannya
Ketua Umum Partai Golkar Airlangga Hartarto disambut Ketua Umum Partai Demokrat Agus Harimurti Yudhoyono saat tiba di kediaman Ketua Majelis Tinggi Partai Demokrat Susilo Bambang Yudhoyono di Puri Cikeas, Bogor, Sabtu (29/4/2023). (Sumber: KOMPAS.com/KRISTIANTO PURNOMO)
Penulis : Johannes Mangihot | Editor : Hariyanto Kurniawan

JAKARTA, KOMPAS.TV - Pertemuan Ketua Umum Partai Golkar Airlangga Hartarto dengan Ketua Umum Partai Demokrat Agus Harimurti Yudhoyono (AHY) dinilai akan berlanjut. 

Pengamat Politik Adi Prayitno menjelaskan, sangat terbuka untuk keduanya untuk membangun kerja sama politik mengingat Golkar maupun Demokrat menginginkan ketua umumnya menjadi kandidat di Pilpres 2024.

Adi menilai sejauh ini, Koalisi Indonesia Bersatu (KIB) belum menentukan siapa capres dan cawapres yang diusung. Walaupun sudah ada masukan dari PPP untuk mendukung Ganjar Pranowo, bakal capres dari PDI Perjuangan. 

Sementara di Koalisi Perubahan untuk Persatuan (KPP) juga belum mendeklarasikan pasangan Anies Baswedan di Pilpres 2024.

Baca Juga: Golkar Dekati Demokrat, Upaya Rangkul SBY-AHY demi Jadikan Airlangga Bacapres?

"Dalam konteks itu Airlangga dan Demokrat bertemu sebagai upaya untuk melakukan kerja sama dan sangat mungkin keduanya akan membentuk poros politik bersama," ujar Adi saat dikonfirmasi, Sabtu (29/4/2023).

Adi juga menilai pertemuan Golkar dengan Demokrat akan berlanjut. Sebab sejauh ini Airlangga dan Susilo Bambang Yudhoyono baru pertama kali melakukan kunjungan silaturahmi politik.

"Ini sangat mungkin akan berlanjut soal kemungkinan kerja sama Partai Golkar dan Partai Demokrat," ujar Adi.

Sebelumnya Airlangga Hartarto dan AHY bersepakat untuk menjadikan Pemilu 2024 ajang menang-menangan tetapi untuk kebersamaan membangun negeri. 

Baca Juga: Airlangga Hartarto dan SBY Bertemu Malam Ini, Demokrat Beberkan Topik Pembicarannya

Airlangga meniai Golkar dengan Demokrat memiliki filosofi yang sama. Bahkan Golkar duduk di dua periode pemerintahan SBY. 

"Tadi disampaikan Partai Golkar dan Demokrat sempat bersama di tahun 2004 sampai 2014, dan tentu kebersamaan itu mempunyai sejarah yang sama-sama kita pahami bersama dan pengertian," ujar Airlangga usai pertemuan di kediaman SBY di Cikeas, Bogor, Jawa Barat, Sabtu (29/4/2023).


 



Sumber : Kompas TV


BERITA LAINNYA



Close Ads x