Kompas TV internasional kompas dunia

Fans Queen Merapat! Koleksi Barang Antik Pribadi Freddie Mercury Termasuk Sisir Kumis Bakal Dilelang

Kompas.tv - 27 April 2023, 06:40 WIB
fans-queen-merapat-koleksi-barang-antik-pribadi-freddie-mercury-termasuk-sisir-kumis-bakal-dilelang
Koleksi lengkap kostum, karya seni, dan bahkan lirik tulisan tangan untuk lagu We Are The Champions dan Killer Queen milik Freddie Mercury akan dilelang pada bulan September. (Sumber: AP Photo)
Penulis : Edwin Shri Bimo | Editor : Vyara Lestari

LONDON, KOMPAS.TV - Freddie Mercury adalah raja band Queen dan mahkota miliknya bisa menjadi milikmu. Tentu dengan harga yang pas.

Koleksi lengkap kostum, karya seni, dan bahkan lirik tulisan tangan untuk lagu We Are The Champions dan Killer Queen milik Freddie Mercury akan dilelang pada bulan September, seperti yang dilaporkan oleh Associated Press, Rabu (26/4/2023).

Vokalis dan pencipta lagu Queen ini pernah mengatakan ia ingin menjalani hidup bergaya Victorian yang dikelilingi oleh "kekacauan yang eksentrik", dan ia meninggalkannya semua kepada sahabatnya, Mary Austin, ketika ia meninggal dunia pada usia 45 tahun akibat pneumonia terkait AIDS tahun 1991.

Austin, yang menjaga sebagian besar barang-barang tersebut sebagaimana Mercury meninggalkannya di rumahnya di kawasan Kensington, London, mengatakan ia mengambil "keputusan sulit" bahwa sudah saatnya untuk menjual semuanya, demikian yang diumumkan oleh balai lelang Sotheby's di London.

Karya seni yang dilelang termasuk cetakan atau karya-karya kertas karya Picasso dan Matisse.

Type of Beauty, lukisan oleh seniman Prancis abad ke-19, James Tissot, tentang muse atau inspirasi dan kekasihnya yang berasal dari Irlandia, Kathleen Newton, diperkirakan akan dijual seharga 400.000 hingga 600.000 poundsterling atau setara Rp7,4 miliar hingga Rp11 miliar, harga tertinggi dari semua barang yang tercantum dalam daftar barang yang dilelang.

Baca Juga: Bohemian Rhapsody Queen dan Hey Jude The Beatles Ternyata Berkait Erat, Gunakan Piano yang Sama

Lirik untuk lagu andalan band ini, We Are The Champions, yang ditulis oleh Mercury dalam 9 halaman, termasuk kertas berstempel dari British Midland Airways, diperkirakan akan laku seharga 200.000 hingga 300.000 poundsterling atau setara Rp3,7 miliar hingga Rp5,5 miliar.

Mercury mengenakan mahkota yang berlapis batu permata berkilau dan membungkus punggungnya dengan jubah bulu palsu berwarna merah setelah menyanyikan We Are The Champions di Knebworth House di utara London saat konser terakhir Queen tahun 1986.

Ia berjalan dengan penuh kemenangan kembali ke panggung dan mengangkat mahkota dengan tangan kanannya sambil para penonton mulai menyanyikan God Save the Queen yang diputar melalui sistem suara.

Mahkota tersebut konon didasarkan pada Mahkota St Edward, yang akan digunakan dalam penobatan Raja Charles III bulan depan.

Berbeda dengan permata asli mahkota Inggris, mahkota yang dikenakan oleh Mercury diperkirakan akan dijual seharga 60.000 hingga 80.000 poundsterling atau setara Rp1,1 miliar hingga Rp1,4 miliar.

Bagi penggemar Mercury dengan anggaran yang lebih terbatas, bisa mempertimbangkan sisir kumis perak miliknya dari Tiffany & Co. Diperkirakan akan dijual dengan harga 400 hingga 600 poundsterling atau setara Rp7,3 juta hingga Rp11 juta.


 

 

 



Sumber : Associated Press


BERITA LAINNYA



Close Ads x