Kompas TV entertainment musik

Bohemian Rhapsody Queen dan Hey Jude The Beatles Ternyata Berkait Erat, Gunakan Piano yang Sama

Kompas.tv - 24 September 2022, 06:40 WIB
bohemian-rhapsody-queen-dan-hey-jude-the-beatles-ternyata-berkait-erat-gunakan-piano-yang-sama
Bono (kiri), Paul McCartney (tengah), dan Freddie Mercury (kanan) dalam konser amal Live Aid di Stadion Wembley, Inggris, 1985 silam. (Sumber: Twitter @crockpics)
Penulis : Vyara Lestari | Editor : Hariyanto Kurniawan

LONDON, KOMPAS.TV – Bisa jadi, sulit menemukan seseorang yang sama sekali belum pernah mendengar Bohemian Rhapsody milik Queen atau Hey Jude dari The Beatles. Sebab, kedua lagu itu telah melesat jauh di luar jangkauan para penggemar masing-masing.

Adegan berlatar lagu Bohemian Rhapsody jadi scene paling berkesan dalam film Wayne’s World, film yang diangkat dari sketsa talkshow Saturday Night Live.

Lalu pada 2018, kisah hidup vokalis utama Queen, Freddie Mercury dalam film layar lebar Bohemian Rhapsody pun berhasil menggondol empat Oscar di Academy Awards. Ini termasuk kategori aktor terbaik yang dimenangkan oleh Rami Malek yang memerankan sosok Mercury.

Baca Juga: Queen Bakal Rilis Lagu Baru September 2022, Ada Vokal dari Mendiang Freddie Mercury

Melansir Grunge, Jumat (23/9/2022), Bohemian Rhapsody disebut-sebut sebagai sebuah lagu unik yang lain daripada yang lain. Ia mengombinasikan lirik-lirik opera dengan raungan gitar berat dan referensi sejarah Renaisans.

Bohemian Rhapsody mencapai tangga lagu Billboard pada 1975, namun perusahaan rekaman yang menaungi Queen saat itu rupanya justru tak terlalu percaya diri pada lagu itu, meyakini bahwa ia tak akan bertahan lama. Kendati begitu, Bohemian Rhapsody ternyata dengan cepat justru meroket menjadi hit nomor satu.

Sementara, Hey Jude merupakan lagu The Beatles yang bertahan paling lama di tangga lagu. Pada 1968, Hey Jude bertengger selama 9 pekan di puncak tangga lagu Billboard Hot 100.

Lagu ini juga sudah teruji waktu. Pada Olimpiade London 2012, Paul McCartney memainkan lagu itu pada upacara pembukaan, dan puluhan ribu massa ikut bernyanyi.

Baca Juga: Paul McCartney Mengungkap Pelaku Utama Bubarnya The Beatles, Band Terbesar Sepanjang Masa

Inspirasi McCartney atas lagu itu sudah bukan rahasia lagi. Hey Jude awalnya berjudul Hey Jules, panggilan kesayangan putra John Lennon, Julian Lennon, bersama Cynthia, sebelum John bertemu dengan Yoko Ono.

Queen merilis Bohemian Rhapsody nyaris 10 tahun usai The Beatles merilis Hey Jude. Namun, kedua lagu itu ternyata saling terkait erat. Menurut Audacy, Freddie Mercury menggunakan piano yang sama untuk Bohemian Rhapsody yang pula dimainkan Paul McCartney untuk Hey Jude

Penampakan piano Bechstein Grand Piano di Studio Trident London yang digunakan Freddie Mercury dalam Bohemian Rhapsody dan Paul McCartney dalan Hey Jude. (Sumber: CDM via The Vintage News)

Piano itu adalah Bechstein Grand Piano di Studio Trident di London. Usianya nyaris 100 tahun saat McCartney dan Mercury memainkan tuts-tutsnya. Piano itu jadi andalan bagi Studio Trident, tetapi ternyata hanya piano sewaan sebelum pihak studio akhirnya membelinya pada 1986.

Studio Trident merupakan satu dari sedikit studio yang digunakan The Beatles untuk rekaman, selain Studio Abbey Road. Trident hanya beroperasi selama beberapa bulan, namun saat itu, Trident punya mesin rekaman 8 track pertama dan satu-satunya di Inggris Raya.

Dengan cepat, Trident pun populer. Saat Queen mulai menggunakannya untuk merekam album-albumnya, David Bowie dan Elton John pun melakukan rekaman di sana.

Baca Juga: Viral gara-gara Mirip Freddie Mercury, Kucing Ini Berhasil Galang Dana Ratusan Juta Rupiah

Freddie Mercury dan Paul McCartney pentas bareng dalam konser amal Live Aid yang diprakarsai Bob Geldof di Stadion Wembley pada 1985. Konser itu digelar untuk menggalang dana demi membantu mengatasi bencana kelaparan Ethiopia di tahun 1980-an. Keduanya berpartisipasi dalam lagu Do They Know It’s Christmas? bersama frontman U2, Bono.

Konser Live Aid kemudian dibuat ulang demi syuting film Bohemian Rhapsody. Express melaporkan, seorang personel Queen, Brian May bahkan mengunjungi set konser hari itu demi menyaksikan penampilan Rami Malek sebagai Mercury yang menuai pujian dalam film biografi itu.

 



Sumber : Kompas TV


BERITA LAINNYA



Close Ads x