Kompas TV entertainment musik

Paul McCartney Mengungkap Pelaku Utama Bubarnya The Beatles, Band Terbesar Sepanjang Masa

Senin, 11 Oktober 2021 | 06:05 WIB
paul-mccartney-mengungkap-pelaku-utama-bubarnya-the-beatles-band-terbesar-sepanjang-masa
The Beatles (dari kiri ke kanan) Paul McCartney, John Lennon, Ringo Starr, dan George Harrison (Sumber: PA)

LONDON, KOMPAS.TV - Paul McCartney melihat kembali ke belakang, khususnya tentang bubarnya grup band paling besar sepanjang sejarah, The Beatles. Dia dengan tegas membantah anggapan dirinyalah yang bertanggung jawab atas bubarnya the Beatles, seperti dilansir Associated Press, Senin (11/10/2021)

Berbicara dalam episode "This Cultural Life" BBC Radio 4 yang dijadwalkan tayang pada 23 Oktober nanti, McCartney menegaskan, John Lennon adalah anggota band yang ingin membubarkan The Beatles.

"Saya tidak menyebabkan perpecahan," kata McCartney. "Orang itu adalah Johnny kami,'' sambil merujuk pada John Lennon.

Penggemar The Beatles sudah berdekade memperdebatkan siapa yang bertanggung jawab atas bubarnya The Beatles, di mana banyak yang menyalahkan Paul McCartney.

Tapi McCartney mengatakan keinginan Lennon untuk "break lose" atau memisahkan diri adalah pendorong utama di balik perpecahan grup band itu.

Kebingungan tentang bubarnya The Beatles dibiarkan berlarut-larut karena manajer mereka meminta anggota band untuk tutup mulut sampai sang manajer menyelesaikan sejumlah kesepakatan bisnis, kata McCartney.

Wawancara itu dilakukan menjelang terbitnya film dokumenter enam jam Peter Jackson yang mencatat bulan-bulan terakhir band terbesar sepanjang masa itu. 

Baca Juga: Memoar Musisi Gaek Paul McCartney akan Keluar November 2021

Sir Paul McCartney tampil. "Saya tidak menyebabkan perpecahan," kata McCartney. "Orang itu adalah Johnny kami,'' sambil merujuk pada John Lennon, seperti dilansir Associated Press, Senin, 11 Oktober 2021. (Sumber: AFP/Kamil Krzaczynski via kompas.tv)

Film dokumenter bertajuk “The Beatles: Get Back,” itu akan dirilis bulan November di Disney+, dan dipastikan akan mengorek kembali borok lama dan kenangan pahit jutaan orang di seluruh dunia akan bubarnya band legendaris tersebut. Komentar McCartney tersebut pertama kali dilaporkan oleh The Observer.

Ketika ditanya oleh pewawancara John Wilson tentang keputusan untuk mengungkapkan hal itu sendirian, McCartney menjawab, “Berhenti di sana. Saya bukan orang yang menghasut perpecahan. Oh tidak, tidak, tidak. John masuk ke sebuah ruangan suatu hari dan berkata, 'Saya akan meninggalkan The Beatles.' Apakah itu yang memicu perpecahan, atau tidak?"

Penulis : Edwin Shri Bimo | Editor : Hariyanto Kurniawan

Sumber : Associated Press


BERITA LAINNYA


Close Ads x
NEWSTICKER
06:07
LINTASAN BALAP MOBIL TERTUA DI JERMAN, SIRKUIT F1 NURBURGRING, JADI PUSAT LOGISTIK BANTUAN BANJIR   MANTAN ANGGOTA DPRD KERINCI, JAMBI, YUSUF SAGORO, DITANGKAP SETELAH 13 TAHUN JADI BURONAN KASUS KORUPSI   SEBANYAK 23,8 TON IKAN NILA DI KERAMBA JARING APUNG DANAU BATUR, BANGLI, BALI, MATI AKIBAT KERACUNAN BELERANG   TAMAN NASIONAL ALAS PURWO DI BANYUWANGI, JATIM, PERPANJANG MASA PENUTUPANNYA HINGGA 25 JULI 2021   PENUTUPAN 8 RUAS JALAN UTAMA DI SOLO DIPERPANJANG HINGGA 25 JULI 2021 SEIRING PENERAPAN PPKM   PEMKAB PURBALINGGA UBAH RSUD GOETENG TAROENADIBRATA JADI RS KHUSUS COVID-19, DAYA TAMPUNG MENCAPAI 232 PASIEN   MENKO MARVES LUHUT BINSAR PANDJAITAN OPTIMISTIS KEKEBALAN KELOMPOK BISA TERCAPAI PADA AKHIR TAHUN INI   PEMKOT BEKASI TUNGGAK INSENTIF TENAGA KESEHATAN DI DINKES YANG TANGANI COVID-19 PERIODE JANUARI-MEI 2021   SEBANYAK 22 KG ORGAN HEWAN KURBAN TAK LAYAK KONSUMSI DI JAKARTA PUSAT DIMUSNAHKAN PETUGAS   KREMATORIUM UNTUK JENAZAH COVID-19 DI TPU TEGAL ALUR, JAKBAR, DITARGETKAN BISA DIGUNAKAN PADA JUMAT, 23 JULI 2021   SEKJEN DPR INDRA ISKANDAR SEBUT 511 ORANG DI DPR POSITIF TERINFEKSI COVID-19, 346 DI ANTARNYA TELAH NEGATIF   RANGKAP JABATAN SEBAGAI KOMISARIS DI SALAH SATU PERUSAHAAN BUMN, REKTOR UI ARI KUNCORO PUNYA HARTA KEKAYAAN RP 52,4 M   TEMUKAN MALAADMINISTRASI PROSES TWK, OMBUDSMAN RI: KPK HARUS KOREKSI PROSES ALIH STATUS PEGAWAI KPK   KAPOLRI JENDERAL LISTYO SIGIT PRABOWO MINTA JAJARANNYA BANTU PERCEPAT PENYALURAN BANSOS SELAMA PANDEMI COVID-19