Kompas TV nasional peristiwa

Waspada Banjir, Ini Daftar Wilayah yang Terdampak Hujan Lebat, Petir, dan Angin Kencang Hari ini

Kompas.tv - 26 April 2023, 09:24 WIB
waspada-banjir-ini-daftar-wilayah-yang-terdampak-hujan-lebat-petir-dan-angin-kencang-hari-ini
Update banjir Jakarta per Selasa (28/2/2023) pukul 07.00 WIB. (Sumber: Kompas TV/Antara)
Penulis : Danang Suryo | Editor : Desy Afrianti

JAKARTA, KOMPAS.TV - Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) memperingatkan adanya potensi hujan lebat disertai petir dan angin kencang di beberapa wilayah Indonesia pada hari ini Rabu (26/4/2023).

Daerah yang berpotensi mengalami hujan lebat dengan intensitas lebih dari 50 milimeter (mm) per hari seperti dikutip dari situs BMKG yakni Aceh, Sumatera Utara, Bengkulu, Jambi, Sumatera Selatan, Kepulauan Bangka Belitung, Lampung, dan Banten. 

Kemudian Jawa Barat, Jawa Tengah, Yogyakarta, Jawa Timur, Nusa Tenggara Timur, Kalimantan Barat, Kalimantan Tengah, Kalimantan Utara, Kalimantan Timur, Sulawesi Utara, Gorontalo, Sulawesi Tenggara, Maluku Utara, Papua Barat, dan Papua.

Sementara itu, wilayah yang diprediksi akan mengalami hujan disertai kilat meliputi Aceh, Sumatera Utara, Sumatera Barat, Bengkulu, Sumatera Selatan, dan Kepulauan Bangka Belitung. 

Kemudian Jawa Barat, Jawa Tengah, Yogyakarta, Jawa Timur, Nusa Tenggara Barat, Nusa Tenggara Timur, Kalimantan Barat, Kalimantan Utara, Kalimantan Timur, Sulawesi Utara, Gorontalo, Sulawesi Selatan, dan Maluku Utara.

Baca Juga: Imbauan BMKG Untuk Masyarakat Terkait Cuaca Panas Ekstrem

BMKG ingatkan potensi banjir

BMKG juga mengingatkan beberapa daerah yang berpotensi terjadi banjir, seperti Aceh, Sumatera Utara, Sumatera Barat, Bengkulu, Sumatera Selatan, Lampung, Jawa Barat, Nusa Tenggara Barat, dan Nusa Tenggara Timur. 

Kemudian Kalimantan Barat, Kalimantan Tengah, Kalimantan Utara, Kalimantan Timur, Sulawesi Tenggara, Maluku, dan Papua.

Untuk wilayah Jakarta, Bogor, Depok, Tangerang, dan Bekasi (Jabodetabek), BMKG turunnya hujan dengan intensitas ringan hingga lebat.

Baca Juga: Prediksi BMKG Cuaca Panas Hingga Oktober, Warga Diimbau Kurangi Kegiatan Outdoor Jam 10:00-13:00

Hujan ringan akan mengguyur sepanjang hari di seluruh wilayah DKI Jakarta, sementara hujan disertai petir diperkirakan terjadi pada malam hari di Jakarta Selatan.


 

Di Bogor, hujan berintensitas sedang diprediksi terjadi pada siang dan malam hari.

Sementara di Depok, hujan disertai petir diperkirakan terjadi pada malam hari.

Di Bekasi, hujan ringan hingga sedang diperkirakan terjadi pada siang dan malam hari, sedangkan di Tangerang, hujan ringan diperkirakan akan turun pada malam hari.

Baca Juga: Tak Perlu Panik dengan Tingginya Sinar UV, BMKG: Pakai Pelindung dan Sunscreen



Sumber : BMKG


BERITA LAINNYA



Close Ads x