Kompas TV regional jawa tengah dan diy

Masjid Masajem, Jejak Sejarah Peninggalan Wali Songo

Kompas.tv - 24 April 2023, 12:57 WIB
Penulis : KompasTV Jateng

KLATEN,KOMPAS.TV - Di Kabupaten Klaten, Jawa Tengah, ada masjid tua bersejarah peninggalan para Wali Songo. Sebelum berdiri masjid Demak dan Kudus yang fenomenal, masjid ini terlebih dahulu berdiri.

Masjid ini terkenal dengan sebutan Masjid Majasem, karena berada di Dukuh Majasem, Desa Pakahan, Kecamatan Jogonalan, Kabupaten Klaten, Jawa Tengah. Masjid ini menurut catatan sejarah, berdiri pada tahun 1385 sebelum Masehi. Sedangkan Masjid Demak berdiri tahun 1475 sebelum Masehi. Hal ini membuktikan bahwa Kabupaten Klaten pernah menjadi Syiar Agama Islam oleh para Wali Songo sebelum kota lainnya.

Menurut Takmir Masjid setempat, masjid ini awalnya bernama Kalimosodo. Lalu berubah menjadi Baitul Makmur dan berubah lagi menjadi Al Makmur. Terakhir, bernama Masjid Majasem.

Keunikan Masjid Majasem ini disangga 16 tiang. Empat tiang dulu buatan Sunan Kalijogo, Sunan Ampel, Sunan Bonang dan Sunan Gunung Jati. Tiangnya setinggi 7 meter.

“Keistimawan Masjid Majasem ini ada 4 tiangnya yang 7 meter buatan Sunan Kalijaga, Sunan Bonang, Sunan Gunungjati dan Sunan Ampel sedangkan 16 tiang lainnya dari para wali,” ucap Tugimin, Takmir Masjid Majasem.

Masjid ini sudah mengalami renovasi sebanyak dua kali, tanpa mengubah bentuknya, karena masuk cagar budaya yang dilindungi.

#masjidmasajem #walisongo #klaten



Sumber : Kompas TV

BERITA LAINNYA



Close Ads x