Kompas TV nasional peristiwa

Arus Balik Lebaran 2023, KAI Catat 40 Ribu Pemudik Pengguna Kereta Api Tiba di Jakarta Hari Ini

Kompas.tv - 24 April 2023, 13:54 WIB
arus-balik-lebaran-2023-kai-catat-40-ribu-pemudik-pengguna-kereta-api-tiba-di-jakarta-hari-ini
Ilustrasi pemudik. PT KAI Daop 1 Jakarta mencatat sebanyak 40 ribu pemudik tiba kembali di Jakarta pada hari ini, Senin (24/4/2023). (Sumber: Dok. PT KAI )
Penulis : Isnaya Helmi | Editor : Vyara Lestari

JAKARTA, KOMPAS.TV - PT Kereta Api Indonesia (KAI) Daerah Operasional (Daop) 1 Jakarta mencatat terjadi kenaikan jumlah penumpang yang tiba di Ibu Kota pada H+2 Lebaran 2023 atau Senin (24/4/2023).

Kepala Hubungan Masyarakat (Humas) PT KAI Daop 1 Jakarta Eva Chairunisa menyebut, pada hari ini sebanyak 40 ribu pemudik tiba kembali di Jakarta.

 Adapun jumlah tersebut mengalami peningkatan hingga dua kali lipat dari kondisi normal.

"Secara total pada hari ini terdapat sekitar 40 ribu pengguna yang tiba," kata Eva dalam keterangannya, Senin (24/4), dikutip dari Antara.

Menurut penjelasannya, di Stasiun Gambir, ada 14.337 penumpang yang tiba hari ini. Angka tersebut berdasarkan data terbaru per pukul 06.15 WIB.

Adapun lima besar relasi favorit yang dipilih pemudik balik, yakni dari Stasiun Bandung, Yogyakarta, Semarang, Cirebon, dan Surabaya Pasar Turi.

Baca Juga: Jokowi Imbau Warga Hindari Puncak Arus Balik: Tunda Jadwal Kembali hingga setelah 26 April

Meski saat ini telah memasuki arus balik, Eva menyebut, pada H+2 Lebaran, jumlah penumpang yang berangkat dari Stasiun Gambir menuju kampung halaman juga masih tinggi.

Berdasarkan data yang diperoleh, tercatat ada 13.683 penumpang yang berangkat dari Stasiun Gambir hari ini.

Di sisi lain, demi keamanan para pemudik selama masa Angkutan Lebaran 2023, Daop 1 Jakarta telah menambah dan memperbaiki beberapa fasilitas. Sejumlah fasilitas yang ditambah antara lain seperti kursi tunggu dan area bermain anak.

"Sejumlah fasilitas toilet dan area ibadah juga diperbarui, seperti yang dilakukan di Stasiun Pasar Senen dan Gambir," imbuhnya.

Selain itu, kata dia, Daop 1 Jakarta juga melakukan penambahan petugas pelayanan dan pengamanan untuk memastikan Angkutan Lebaran 2023 dapat berjalan dengan aman dan lancar.

Baca Juga: Menhub Imbau Masyarakat Hindari Puncak Arus Balik


 

 

 



Sumber : Kompas TV/Antara


BERITA LAINNYA



Close Ads x