Kompas TV nasional rumah pemilu

LSI: Ada Upaya Jokowi Duetkan Ganjar dan Prabowo di Pilpres 2024

Kompas.tv - 24 April 2023, 08:42 WIB
lsi-ada-upaya-jokowi-duetkan-ganjar-dan-prabowo-di-pilpres-2024
Menteri Pertahanan dan Ketua Umum Partai Gerindra Prabowo Subianto (kanan) dan keluarga bersilaturahmi dengan Presiden Joko Widodo (Jokowi) dan keluarga di Solo, Jawa Tengah, Sabtu (22/4/2023). (Sumber: Dok. Agus Suparto via Kompas.com)
Penulis : Dina Karina | Editor : Edy A. Putra

JAKARTA, KOMPAS.TV - Direktur Eksekutif Lembaga Survei Indonesia (LSI) Djayadi Hanan menilai ada upaya Presiden Joko Widodo (Jokowi) untuk menduetkan Ganjar Pranowo dan Prabowo Subianto sebagai pasangan bakal calon presiden (bacapres) dan bakal calon wakil presiden (bacawapres) di Pemilu 2024.

"Karena posisi Ganjar sudah jelas sebagai capres dan didukung juga oleh Jokowi, maka dukungan Jokowi terhadap Prabowo menurut saya adalah upaya untuk mengajak Prabowo jadi pasangan Ganjar sebagai cawapres," kata Djayadi dalam keterangan tertulisnya, Minggu (23/4/2023).

Ia mengatakan, langkah Jokowi untuk menggaet Prabowo sudah terlihat selama lima bulan terakhir. Jokowi seolah meng-endorse Prabowo melalui keakraban keduanya dalam komunikasi yang intens dalam pertemuan-pertemuan terakhir.

Menurut Djayadi, tadinya Jokowi melihat Prabowo berpotensi menjadi capres. Namun setelah PDI Perjuangan (PDIP) mengumumkan Ganjar sebagai bacapresnya, tidak mungkin Jokowi mengalihkan dukungannya.

Baca Juga: Respons Ganjar Pranowo soal 7 Nama Bakal Cawapres yang Disebut Presiden Jokowi

"Tidak mungkin Jokowi mengubah posisinya dari mendukung Ganjar menjadi capres berubah mendukung Ganjar menjadi cawapres. Kan nggak mungkin, sulit," ujar Djayadi.

Ia menuturkan, Jokowi tampak seperti sosok yang akan menjadi perantara untuk menjembatani rencana koalisi partai-partai dalam pengusungan capres-cawapres.

Sehingga ada kemungkinan besar Ganjar-Prabowo menjadi pasangan di Pilpres 2024.

"Soal diterima atau tidak itu kan soal perkembangan dinamika politik ke depannya. Jadi kalau kita bicara soal apakah ada kans Prabowo jadi cawapres Ganjar, ada kansnya. Tergantung apakah Jokowi bisa meyakinkan Pak Prabowo soal itu," tuturnya.

Baca Juga: Pengamat Sebut Erick Thohir Cocok Jadi Cawapres Ganjar: Dia Berasal dari NU



Sumber : KOMPAS TV


BERITA LAINNYA



Close Ads x