Kompas TV regional jawa tengah dan diy

Cerita Ulifatun, Mudik dari Tangerang ke Jepara Kendarai Sepeda Motor Seorang Diri, Tempuh 642 Km

Kompas.tv - 19 April 2023, 17:22 WIB
cerita-ulifatun-mudik-dari-tangerang-ke-jepara-kendarai-sepeda-motor-seorang-diri-tempuh-642-km
Ulifatun, rela naik sepeda motor dari Tangerang, Provinsi Banten demi merayakan Lebaran atau Idulfitri 1444 Hijriah di kampung halamannya, Kabupaten Jepara, Jawa Tengah, Rabu (19/4/2023). (Sumber: Kompas TV/Antara)
Penulis : Nadia Intan Fajarlie | Editor : Vyara Lestari

KUDUS, KOMPAS.TV - Ulifatun (46), perempuan asal Desa Clering, Kecamatan Donorojo, Kabupaten Jepara, Jawa Tengah, nekat mengendarai sepeda motor seorang diri dari Tangerang, Provinsi Banten, demi merayakan Lebaran di daerah asalnya.

Untuk menandai bahwa dirinya merupakan pemudik, ia menghiasi sepeda motornya dengan boneka katak dan membawa boks motor yang posisinya lebih tinggi dari tempat duduknya agar kendaraan di belakang mudah melihat.

"Iya memang sengaja saya pasang boneka dan stiker pantul cahaya dengan posisi lebih tinggi dari tempat duduk agar kendaraan di belakang mengetahui bahwa ada kendaraan roda dua di depannya," kata Ulifatun ketika ditemui saat melintasi Jalan Lingkar Timur Kudus, Rabu (19/4/2023), dilansir dari Antara.

Meskipun hanya mengendarai sepeda motor, Ulifatun membawa barang bawaan cukup banyak, mulai dari sepatu, pakaian, dan oleh-oleh dari Tangerang. 

Ia mengaku berangkat dari Tangerang pada hari Selasa (18/4) pukul 14.00 WIB bersama rombongan pemudik sepeda motor lainnya yang tujuan akhir perjalanannya juga di Jawa Tengah.

Akan tetapi, kata dia, ketika sampai di Brebes, rombongannya berpisah karena mereka berjalan sesuai tempat tujuan masing-masing. Ia pun tiba di Kudus pukul 10.30 WIB.

Selama perjalanan mudik tersebut, ibu satu anak itu mengaku beristirahat ketika merasa kelelahan, baik di tempat ibadah maupun SPBU. 

Baca Juga: Terjebak di antara Besi Jembatan Lintasan Kereta Api Banyumas, Mobil Pemudik Sebabkan 1 KA Tertahan

Menurut dia, mudik mengendarai sepeda motor lebih murah daripada naik bus yang tiketnya mahal. Akan tetapi, mudik Lebaran menggunakan sepeda motor juga penuh dengan risiko di jalanan. 

Beruntungnya, Ulfiatun mampu berkendara dari Tangerang hingga Kecamatan Donorojo, Kabupaten Jepara dengan selamat.

Kondisi keuangan yang kurang mendukung tidak menyurutkan niat Ulfiatun untuk bertemu keluarganya di kampung halaman, meskipun harus berkendara dengan jarak sekitar 642 kilometer dari Kota Tangerang, Banten hingga Clering, Kabupaten Jepara, Jawa Tengah. 

Baca Juga: Mudik ke Pemalang, Alif Bawa Calon Istri Naik Motor Modal Rp200 Ribu Langsung Jumpa Ortu


 

 

 




Sumber : Kompas TV/Antara


BERITA LAINNYA



Close Ads x