Kompas TV nasional rumah pemilu

Prabowo Bertemu Susi Pudjiastuti, Pengamat: Strategi untuk Gaet Pemilih Perempuan

Kompas.tv - 13 April 2023, 19:30 WIB
prabowo-bertemu-susi-pudjiastuti-pengamat-strategi-untuk-gaet-pemilih-perempuan
Menteri Pertahanan Prabowo Subianto menerima kunjungan mantan Menteri Kelautan dan Perikanan Susi Pudjiastuti di Kantor Kementerian Pertahanan (Kemhan) RI di Jakarta, Rabu (12/04/2023). (Sumber: Humas Kemhan)
Penulis : Fiqih Rahmawati | Editor : Vyara Lestari

JAKARTA, KOMPAS.TV - Direktur Eksekutif Parameter Politik Indonesia Adi Prayitno menjelaskan analisanya terkait pertemuan Prabowo Subianto dengan mantan Menteri Kelautan dan Perikanan Susi Pudjiastuti.

Menurutnya, pertemuan tersebut merupakan upaya Prabowo untuk memantapkan langkahnya menuju kontestasi pemilihan presiden alias pilpres 2024.

“Kalau kita lihat satu per satu selama beberapa bulan belakangan ini memang Prabowo Subianto secara perlahan mulai melakukan komunikasi politik secara terbuka dengan berbagai pihak,” ujar Adi dalam Kompas Petang, Kamis (13/4/223).

Baca Juga: Kunjungi Menhan Prabowo Subianto, Mantan Menteri KKP Susi Pudjiastuti Nostalgia Kenang Masa Lalu

Adi menerangkan, Prabowo tak hanya melakukan komunikasi politik dengan partai politik, tetapi juga dengan beberapa pihak, seperti forum media, mengundang habib muda, hingga bertemu Susi Pudjiastuti.

Melalui pertemuan-pertemuan tersebut, Prabowo ingin memberi pesan bahwa dia akan terbuka di Pilpres 2024 dan mengajak para pihak untuk menjadi bagian penting dalam pemenangan pilpres.

Pada pertemuan dengan Susi, Adi Prayitno membaca bahwa Susi Pudjiastuti merupakan figur publik yang mewakili segmen pemilih perempuan. Pasalnya, perempuan kelahiran Pangandaran itu diketahui dekat dengan masyarakat melalui media sosial.

“Bu Susi ini kan mewakili salah satu segmen pemilih perempuan yang cukup signifikan. Bu Susi banyak follower-nya di medsos, dinilai punya kinerja yang bagus, banyak fansnya, yang diharapkan kalau Bu Susi menjadi bagian Prabowo, maka diharapkan pendukung Susi terafiliasi dengan Prabowo,” jelas Adi.

Baca Juga: Demokrat: Jangan-jangan Pamit ke PPP Ujungnya Prabowo-Sandi Nih Koalisi Besar

Tak hanya untuk menggaet pemilih perempuan, pertemuan Prabowo dan Susi juga diharapkan dapat meningkatkan elektabilitas Prabowo pada segmen pekerja di bidang nelayan dan aktivis pro-demokrasi.

“Itu kan yang kemudian menjadi tiga variabel penting di mana Bu Susi itu menjadi sosok yang saya kira menjadi figur penting untuk didekati dan diajak kerja sama,” papar dia.

Sebelumnya, Susi Pudjiastuti bertandang ke Kantor Kementerian Pertahanan, Jakarta, pada Rabu (12/3/2023). Dalam pertemuan itu, Susi diberi buku berjudul Kepemimpinan Militer yang ditandatangani Prabowo.

Baca Juga: Susi Pudjiastuti Temui Menteri Pertahanan Prabowo Subianto, Ini yang Dibahas

Keduanya juga mengobrol dan mengenang masa lalu. Susi menyebut, Prabowo kerap bertandang ke rumahnya dan makan steak bersama.


 

 




Sumber : Kompas TV


BERITA LAINNYA



Close Ads x