Kompas TV internasional kompas dunia

Arab Saudi Terima Kunjungan Bersejarah Iran dan Suriah Setelah Bertahun-tahun Terpecah

Kompas.tv - 13 April 2023, 09:11 WIB
arab-saudi-terima-kunjungan-bersejarah-iran-dan-suriah-setelah-bertahun-tahun-terpecah
Menlu Arab Saudi Pangeran Faisal bin Farhan al Saud menyambut Menlu Suriah Faisal Mekdad di Jeddah. Arab Saudi menjadi tuan rumah delegasi bersejarah dari Iran dan Suriah hari Rabu, (12/4/2023). (Sumber: SPA - Saudi Press Agency)
Penulis : Edwin Shri Bimo | Editor : Desy Afrianti

RIYADH, KOMPAS.TV - Arab Saudi menjadi tuan rumah delegasi bersejarah dari Iran dan Suriah hari Rabu, (12/4/2023) saat negara-negara Teluk bersiap memulihkan hubungan diplomatik setelah bertahun-tahun terpecah belah, perdamaian ada di depan mata Timur Tengah.

Hanya beberapa jam setelah media negara Iran melaporkan kedatangan delegasi Iran di Riyadh, Arab Saudi mengumumkan kedatangan Menteri Luar Negeri Suriah di Jeddah, kunjungan pertama sejak pecahnya perang saudara di negara itu pada tahun 2011, seperti dilaporkan oleh France24, Kamis, (13/4/2023).

Menteri Luar Negeri Suriah Faisal Mekdad bertemu rekan sejawatnya dari Arab Saudi dan membahas "langkah-langkah yang diperlukan untuk mencapai penyelesaian politik yang lengkap terhadap krisis Suriah," kata Kementerian Luar Negeri Arab Saudi dalam sebuah pernyataan.

Tujuannya adalah untuk mencapai "rekonsiliasi nasional dan... membawa kembali Suriah ke dalam keluarga Arabnya dan melanjutkan peran alaminya di dunia Arab," kata pernyataan itu.

Kedua diplomat juga memastikan langkah-langkah akan diambil untuk melanjutkan layanan konsuler, dan juga mengumumkan rencana untuk melanjutkan penerbangan antara kedua negara.

Dengan Presiden Iran juga diharapkan segera tiba di Arab Saudi, dan Arab Saudi sedang bernegosiasi dengan pemberontak Houthi Yaman minggu ini dalam upaya untuk mengakhiri pertempuran di sana, optimisme makin mekar untuk kawasan Teluk yang bergejolak selama bulan suci Ramadan.

"Iran dan Suriah ada di Arab Saudi pada hari yang sama. Itu benar-benar gila dan tak terbayangkan beberapa bulan yang lalu," kata seorang diplomat Arab yang berbasis di Riyadh kepada AFP.

Pada hari Jumat, (14/4/2023) perwakilan dari sembilan negara Arab akan bertemu di Jeddah untuk membahas kemungkinan mengizinkan Suriah menghadiri pertemuan puncak Liga Arab bulan depan.

Baca Juga: Arab Saudi Bertemu dengan Pemberontak Houthi, Sinyal Perdamaian di Yaman Bakal Terjadi

Menlu Arab Saudi Pangeran Faisal bin Farhan al Saud menyambut Menlu Suriah Faisal Mekdad di Jeddah. Arab Saudi menjadi tuan rumah delegasi bersejarah dari Iran dan Suriah hari R abu(12/4/2023). (Sumber: SPA - Saudi Press Agency)

Sebelum itu, Menteri Luar Negeri Suriah Faisal Mekdad akan bertemu dengan rekan sejawatnya dari Arab Saudi untuk membahas "upaya untuk mencapai solusi politik terhadap krisis Suriah yang memelihara kesatuan, keamanan, dan stabilitas Suriah," kata Kementerian Luar Negeri Arab Saudi.

Kegiatan diplomatik sebelumnya, Tehran mengumumkan kedatangan delegasi Iran di Riyadh untuk membuka jalan bagi pembukaan kembali misi diplomatik, tujuh tahun setelah hubungan terputus dengan pahit.

Menteri Luar Negeri Suriah, Faisal Mekdad akan bertemu dengan Menteri Luar Negeri Arab Saudi untuk membahas "upaya mencapai solusi politik untuk krisis Suriah yang menjaga kesatuan, keamanan, dan stabilitas Suriah", kata Kementerian Luar Negeri Arab Saudi.

Kunjungan diplomatik sebelumnya, Teheran mengumumkan kedatangan delegasi Iran di Riyadh untuk membuka jalan bagi pembukaan kembali misi diplomatik, tujuh tahun setelah putusnya hubungan yang pahit.



Sumber : France24


BERITA LAINNYA



Close Ads x