Kompas TV nasional peristiwa

Jokowi Ingatkan Ganjar Pranowo, Khofifah, dan Ridwan Kamil untuk Hati-hati soal Mudik Lebaran 2023

Kompas.tv - 10 April 2023, 13:16 WIB
jokowi-ingatkan-ganjar-pranowo-khofifah-dan-ridwan-kamil-untuk-hati-hati-soal-mudik-lebaran-2023
Presiden Joko Widodo (Jokowi) berbicara kepada wartawan seusai menghadiri acara silaturahmi dengan sejumlah pimpinan partai politik pendukung pemerintah yang diadakan PAN di kantor DPP PAN, Jakarta Selatan, Minggu (2/4/2023). (Sumber: Tangkapan layar tayangan KOMPAS TV)
Penulis : Ninuk Cucu Suwanti | Editor : Desy Afrianti

JAKARTA, KOMPAS.TV - Presiden Jokowi mengingatkan Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo, Gubernur Jawa Timur Khofifah Indar Parawansa, dan Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil untuk berhati-hati soal arus mudik Lebaran.

Lantaran, ketiga wilayah tersebut merupakan daerah tujuan para pemudik yang angkanya paling tinggi.

Pernyataan itu disampaikan oleh Presiden Joko Widodo usai meninjau sejumlah harga bahan pokok di Pasar Cepogo, Boyolali. Senin (10/4/2023).

“Mudik semuanya nanti utamanya yang menjadi tujuan-tujuan mudik Jawa Tengah ini Pak Gub (Gubernur Jateng Ganjar Pranowo), Jawa Timur Ibu Gubernur, Jawa Barat Pak Gubernur semuanya harus bersiap-siap menjelang mudik,” ujar Jokowi.

Sebab, kata Jokowi, prediksi angka mudik tahun ini jauh lebih tinggi ketimbang tahun 2022 yang berada di angka 86 juta.

Baca Juga: Anas Urbaningrum Punya Agenda Khusus dengan SBY Setelah Keluar dari Tahanan

“Kurang lebih 123 juta masyarakat kita akan bersama-sama mudik, tahun kemarin 86 juta ini 123 juta, hati-hati angka ini hati,” kata Jokowi.

Dalam keterangannya, Jokowi menuturkan juga sudah mengimbau Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi, Kapolri Jenderal Listyo Sigit, Menteri BUMN Erick Thohir, para Gubernur, para Bupati dan Wali Kota untuk menyiapkan diri terkait mudik lebaran 2023.


 

“Karena melompat dari 86 Juta pemudik ke 123 Juta – 124 juta,” ucap Jokowi.

Jokowi menambahkan untuk mengurangi kemacetan saat mudik lebaran, pemerintah juga akan membuka tol yang pengerjaan sudah selesai.

Baca Juga: Kata Brigjen Endar Setelah Tidak Diizinkan Masuk Gedung KPK: Saya Masih Berhak di Sini

“Tol-tol yang konstruksi sudah selesai, ini menjelang lebaran akan dibuka untuk bisa dimanfaatkan dalam rangka mengurangi kemacetan, setelah lebaran baru dicek lagi siap dioperasionalkan secara lengkap,” kata Jokowi.



Sumber : Kompas TV


BERITA LAINNYA



Close Ads x