Kompas TV olahraga sepak bola

Lepas dari Sanksi Berat FIFA, Timnas U22 Indonesia Dipastikan Bisa Tampil di SEA Games 2023

Kompas.tv - 7 April 2023, 00:00 WIB
lepas-dari-sanksi-berat-fifa-timnas-u22-indonesia-dipastikan-bisa-tampil-di-sea-games-2023
Ketua Umum PSSI saat bertemu dengan Presiden FIFA Gianni Infantino dalam upaya negosiasi untuk menghindarkan Indonesia dari sanksi FIFA. (Sumber: PSSI)
Penulis : Rizky L Pratama | Editor : Vyara Lestari

JAKARTA, KOMPAS.TV - Timnas U22 dipastikan bisa berlaga di ajang SEA Games 2023 setelah Indonesia dipastikan lepas dari sanksi berat FIFA.

Ketua Umum PSSI Erick Thohir yang ditugaskan untuk menemui FIFA mengatakan pada Kamis (6/4/2023), Indonesia hanya akan mendapat sanksi administratif, bukan sanksi berat dengan dikucilkan dari sepak bola Indonesia.

"Saya hanya bisa berucap, alhamdulillah, atas rahmat Allah SWT dan doa dari seluruh rakyat Indonesia khususnya para pecinta sepak bola, Indonesia bisa terhindar dari sanksi berat pengucilan dari sepak bola dunia. Istilahnya, Indonesia hanya mendapat kartu kuning, tidak kartu merah," kata Erick yang sedang berada di Paris, Prancis, dikutip dari laman resmi PSSI.

Selain itu, FIFA juga menerima cetak biru atau blueprint transformasi sepak bola nasional yang dibawa Erick usai Tragedi Kanjuruhan pada Oktober 2022 lalu.

Saat bertemu Presiden FIFA Gianni Infantino, Erick juga menjabarkan komitmen pemerintah Indonesia dalam merenovasi 22 stadium yang dapat dipakai untuk kegiatan tim nasional dan liga.

"Setelah saya menyampaikan pesan Presiden Jokowi, dan menjelaskan cetak biru sepak bola kita, FIFA hanya memberikan sanksi administrasi berupa pembekuan dana FIFA Forward untuk keperluan operasional PSSI. Hal itu akan di-review kembali setelah FIFA mempelajari strategi besar pengembangan sepak bola Indonesia," tambahnya.

Baca Juga: Erick Thohir usai Bertemu FIFA: Indonesia Hanya Disanksi Kartu Kuning, Bukan Kartu Merah

Lebih lanjut, dengan tidak adanya sanksi berat dari FIFA, maka Indonesia dipastikan bisa terus berlaga di ajang internasional, termasuk Timnas U22 yang akan mengikuti SEA Games 2023 Kamboja akhir bulan ini.

"Saya sudah berusaha maksimal saat bertemu dengan FIFA. Dengan sanksi ini, kita masih terus melanjutkan program transformasi sepak bola bersama FIFA. Dengan sanksi ini, kita tidak dikasih kartu merah, tapi kartu kuning, sehingga kita bisa bermain dan berkompetisi di SEA Games pada akhir bulan ini," pungkasnya.

Selain bisa berlaga di SEA Games 2023, Timnas Indonesia juga bisa mengikuti ajang Piala Asia 2023 yang digelar di Qatar pada awal tahun depan.

Drawing Piala Asia 2023 dijadwalkan akan dilangsungkan pada 11 Mei di Katara Opera House, Doha.

Tim asuhan Shin Tae-yong juga bisa berlaga di Kualifikasi Piala Dunia 2026 zona Asia yang akan dimulai pada Oktober 2023 mendatang. 

Baca Juga: Timnas Wanita Indonesia Mundur dari SEA Games 2023


 

 

 

 



Sumber : Kompas TV


BERITA LAINNYA



Close Ads x