Kompas TV nasional peristiwa

Kata Jokowi Saat Koster Tolak Kehadiran Kontingen Israel di ANOC World Beach Games

Kompas.tv - 6 April 2023, 13:57 WIB
kata-jokowi-saat-koster-tolak-kehadiran-kontingen-israel-di-anoc-world-beach-games
Presiden Jokowi ingin mengurangi separuh wisatawan asal Indonesia liburan ke luar negeri saat meresmikan Kawasan Ekonomi Khusus (KEK) Lido di Bogor, Jawa Barat, Jumat (31/3/2023). (Sumber: Tangkapan layar Kompas TV)
Penulis : Ninuk Cucu Suwanti | Editor : Iman Firdaus

JAKARTA, KOMPAS.TV- Presiden Republik Indonesia (RI), Joko Widodo mengaku belum mendapatkan laporan soal sikap Gubernur Bali I Wayan Koster yang menolak kehadiran kontingen Israel di ANOC World Beach Games di Bali 2023.

Pernyataan itu disampaikan Presiden Jokowi usai menanam padi bersama petani di Desa Senori, Kecamatan Merakurak, Kabupaten Tuban, Jawa Timur sebagaimana dikutip dari Kompas.com, Rabu (6/4/2023).

“Saya belum dapat laporan,” ucap Jokowi singkat.

Sebagaimana diberitakan, Gubernur Bali I Wayan Koster menyatatakan menolak kehadiran kontingen Israel dalam ajang ANOC World Beach Games Bali pada 5-12 Agustus 2023. Ajang ini diselenggarakan oleh Asosiasi Komite Olimpiade Nasional (ANOC). 

Koster beralasan penolakan terhadap kehadiran kontingen Israel didasarkan pada amanat Konstitusi Republik Indonesia dan Permenlu.

Baca Juga: Bareskrim Ingatkan Dito Mahendra Untuk Tunduk Aturan Soal Perkara Kepemilikan Senjata Api Ilegal

“(Berdasarkan) pada konstitusi. Yang kedua dasarnya adalah Peraturan Luar Negeri Nomor 3 Tahun 2019,” ujar Koster di Pura Besakih, Karangasem, Bali, Rabu (5/4/2023).

Untuk diketahui, dalam Permenlu disebutkan Indonesia tidak memiliki hubungan diplomatik dengan Israel. Selain itu, Permenlu juga melarang pengibaran atau penggunaan bendera, lambang, atribut lainnya, dan pengumandangan lagu kebangsaan Israel di Indonesia.


 

“Sebagai suatu entitas sendiri karena diatur dalam Peraturan Menteri Luar Negeri tidak boleh menyanyikan lagu kebangsaan (Israel),” tambah Koster.

Sebagai informasi, Bali merupakan tuan rumah kedua dalam sejarah olahraga pantai ini. Edisi perdana  World Beach Games dilaksanakan di Doha, Qatar, pada 2019 lalu.

Kepastian Bali sebagai tuan rumah World Beach Games 2023 disampaikan oleh Ketua Interim ANOC Robin Mitchell, pada Jumat (10/6/2022) silam. 

World Beach Games adalah kejuaraan dunia untuk cabang olahraga yang dimainkan di pantai seperti voli pantai, sepak bola pantai, dan triatlon.




Sumber : Kompas TV


BERITA LAINNYA



Close Ads x