Kompas TV nasional peristiwa

BMKG Prediksi 6 Wilayah Ini Hujan Deras saat Puncak Arus Mudik Lebaran 2023

Kompas.tv - 4 April 2023, 20:32 WIB
bmkg-prediksi-6-wilayah-ini-hujan-deras-saat-puncak-arus-mudik-lebaran-2023
Sejumlah kendaraan mengantre untuk naik ke atas kapal di Pelabuhan Merak, Banten, saat arus mudik Lebaran 2022, Jumat (29/4/2022). (Sumber: ANTARA FOTO/Akbar Nugroho Gumay)

JAKARTA, KOMPAS.TV - Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) memprediksi hujan deras akan mengguyur enam wilayah saat puncak arus mudik Lebaran 2023.

"Yang perlu diwaspadai yang warna merah, yaitu potensi hujan dengan intensitas lebat melampaui 50 mm-100 mm, terutama untuk wilayah di Aceh, kemudian di Palembang, kemudian juga di Jawa Barat, serta di Kaltim, dan Sulawesi Utara, dan juga di Papua," kata Kepala BMKG Dwikorita Karnawati dalam rapat dengar pendapat bersama Komisi V DPR di Gedung DPR, Senayan, Jakarta, Selasa (4/4/2023) dilansir dari Kompas.com.

Hujan deras diprediksi akan terjadi di Aceh, Palembang, Jawa Barat (Jabar), Kalimantan Timur, Sulawesi Utara, dan Papua pada puncak arus mudik, yakni tanggal 19-21 April 2023.

Dwikorita juga menyebutkan sejumlah wilayah lain yang diperkirakan akan hujan dengan intensitas sedang, di antaranya Jabar, Banten, Jawa Timur (Jatim), dan Jawa Tengah (Jateng).

Baca Juga: Urai Kepadatan di Rest Area saat Mudik Lebaran, Jasa Marga Siapkan Skema Rekayasa Lalu Lintas

"Yaitu di beberapa wilayah yang warna kuning, di Jabar, Banten, Jatim, Jateng. Tadi saya dengar paparan Bapak Menhub, terutama di Jateng, Jatim, Pansela, itu juga berpotensi," jelasnya.

Lalu, dia melanjutkan, daerah Sulawesi, Kalimantan Utara, Kalimantan Tengah, Ambon, dan Papua Barat.

Ia juga mengungkapkan prakiraan cuaca pada saat Lebaran 2023, yakni 22-28 April 2023.

"Kemudian untuk prakiraan cuaca saat Lebaran, 22-28 April, yang warna merah kurang lebih masih sama," ujarnya.

Daerah yang diprakirakan akan diguyur hujan pada momen hari raya Idulfitri ialah Sumatera Utara, Sumatera Barat, Jateng, dan Jatim. Kemudian, Sulawesi Selatan, Sulawesi Tenggara, tepatnya di Pulau Seram.

Selanjutnya hujan juga diprakirakan mengguyur Papua dan Papua Barat pada rentang waktu tersebut.

Saat arus pulang mudik, sekitar tanggal 29 April hingga 5 Mei 2023, BMKG memprediksi lima wilayah akan diguyur hujan deras, yakni Kalimantan Utara, Kalimantan Timur, Sulawesi Selatan, Pulau Seram, dan Papua.

Baca Juga: Menjajal Fitur CCTV Realtime di Aplikasi Travoy Jasa Marga untuk Mudik, Mempermudah Perjalanan


 



Sumber : Kompas.com


BERITA LAINNYA



Close Ads x