Kompas TV nasional politik

Gibran Terima Timnas Israel Main di Indonesia, FX Rudy: Dulu Belum Lahir, Jadi Tak Tahu Konstitusi

Kompas.tv - 31 Maret 2023, 10:36 WIB
gibran-terima-timnas-israel-main-di-indonesia-fx-rudy-dulu-belum-lahir-jadi-tak-tahu-konstitusi
Ketua DPC PDI-P Solo, FX Hadi Rudyatmo, di Pucang Sawit, Jebres (28/10/2022). (Sumber: KOMPAS.COM/Fristin Intan Sulistyowati)
Penulis : Fadel Prayoga | Editor : Desy Afrianti

JAKARTA, KOMPAS TV - Ketua DPC PDIP Solo FX Hadi Rudyatmo atau FX Rudy menanggapi sikap Wali Kota Solo Gibran Rakabuming Raka yang menerima Timnas Israel main di Indonesia dalam perhelatan Piala Dunia U20 beberapa waktu lalu. 

Menurut dia, putra sulung Presiden Joko Widodo atau Jokowi itu belum mengerti konstitusi yang berlaku di Indonesia, sehingga yang bersangkutan tidak menolak Timnas Israel main di Tanah Air. 

Baca Juga: Ini Alasan Gibran Terima Atlet Timnas Sepak Bola Israel: Kalau Menjajah Saya Tolak

"Belum tahu tentang konstitusi, belum lahir soalnya," kata FX Rudy seperti dikutip dari Kompas.com, Kamis (31/3/2023). 

Meskipun demikian, dia mengaku saat Indonesia terpilih menjadi tuan rumah Piala Dunia U20, belum tahu tim mana saja yang akan bertanding. 

"Karena kemarin itu PSSI disuruh tanda tangan cek kosong (pernyataan ketersediaan), enggak ada pesertanya siapa. Belum tahu," katanya.
 
"Saat itu, tidak ditanyakan siapa pesertanya menandatangani lembaran kosong. Saya bicara cek kosong tadi," ucapnya. 

Ia menyebut, dicoretnya Indonesia sebagai tuan rumah pesta sepak bola terakbar itu harus menjadi pembelajaran dari seluruh pihak.


 

"Ini pengalaman yang sangat-sangat berharga bagi Pemerintah Republik Indonesia. Ketika disodori sesuatu mesti isinya harus tahu," ujarnya. 

Sebelumnya, Gibran Rakabuming Raka menyatakan akan menerima atlet sepak bola Timnas israel karena mereka datang dari negara tersebut hanya untuk bermain sepak bola di Piala Dunia U20.

Baca Juga: Wali Kota Solo Gibran Rakabuming Raka Pakai Jaket Piala Dunia U20, Kode Apakah Ini?

"Ya sudah to. Mereka ke sini itu mau main sepak bola, ya, kenapa diributkan, mereka ke sini mau main sepak bola," kata Gibran dikutip dari Tribun Solo, Rabu (29/3/2023). "Kecuali kalau (Timnas Israel) ke sini mau menjajah, tak tolak."



Sumber : Kompas TV/Kompas.com


BERITA LAINNYA



Close Ads x