Kompas TV olahraga sepak bola

Ini Alasan Gibran Terima Atlet Timnas Sepak Bola Israel: Kalau Menjajah Saya Tolak

Kompas.tv - 29 Maret 2023, 20:53 WIB
ini-alasan-gibran-terima-atlet-timnas-sepak-bola-israel-kalau-menjajah-saya-tolak
Bendera Merah Putih raksasa yang dibentangkan di lapangan Stadion Manahan Solo saat Haornas, Senin (9/9/2019). (Sumber: TribunSolo/Ryantono Puji)
Penulis : Rizky L Pratama | Editor : Purwanto

SOLO, KOMPAS.TV - Wali Kota Solo Gibran Rakabuming Raka menerima atlet sepak bola Timnas Israel karena mereka datang dari negara tersebut hanya untuk bermain sepak bola di Piala Dunia U20.

"Ya sudah to. Mereka ke sini itu mau main sepak bola, ya, kenapa diributkan, mereka ke sini mau main sepak bola," kata Gibran dikutip dari Tribun Solo, Rabu (29/3/2023). "Kecuali kalau (Timnas Israel) ke sini mau menjajah, tak tolak."

Sebelumnya muncul banyak penolakan terhadap kehadiranTimnas Israel untuk bertanding di Piala Dunia U20 2023 yang digelar di Indonesia. Akibatnya, FIFA membatalkan drawing pembagian grup Piala Dunia U20 yang awalnya akan dilangsungkan di Bali pada 31 Maret.

Presiden Joko Widodo menanggapi polemik keikutsertaan Israel di Piala Dunia U20 pada Selasa (28/3/2023) kemarin. Presiden menegaskan bahwa keikutsertaan Israel tidak ada kaitannya dengan posisi politik luar negeri Indonesia yang terus mendukung kemerdekaan Palestina.

Baca Juga: Gibran: Stadion Manahan Tunggu Keputusan FIFA untuk Piala Dunia U20

Orang nomor satu di Republik Indonesia itu juga meminta untuk tidak mencampuradukkan urusan olahraga dengan urusan politik.

"Saya menjamin keikutsertaan Israel tidak ada kaitannya dengan konsistensi posisi politik luar negeri kita terhadap Palestina," tuturJokowi. "Dukungan kita kepada Palestina selalu kokoh dan kuat." 

"Dalam urusan Piala Dunia U20 ini, kita sependapat dengan Duta Besar Palestina untuk Indonesia bahwa FIFA memiliki aturan yang harus ditaati anggotanya. Jadi, jangan mencampuradukkan urusan olahraga dengan urusan politik," ucap Jokowi.

Untuk mencari solusi terbaik polemik keikutsertaan Israel di Piala Dunia U20, Jokowi pun mengutus Ketua Umum PSSI Erick Thohir untuk bertemu dengan FIFA di Doha, Qatar.

Di akun instagram Erick, terdapat unggahan kedatangan ketua umum PSSI itu di Qatar dan tengah berdiplomasi dengan Presiden FIFA Gianni Infantino. "Alhamdulillah, sudah sampai di Qatar, tentu tim semua sudah siap untuk bertemu dan bernegosiasi dengan FIFA. Mudah-mudahan ada jalan keluatnya. Bagaimana kita bisa memberikan solusi yang terbaik untuk situasi saat ini. Mohon doanya dari masyarakat Indonesia". 

Baca Juga: Bahas soal Israel di Piala Dunia U-20, Erick Thohir Bertemu Persiden FIFA di Doha



Sumber : Tribunnews

BERITA LAINNYA



Close Ads x