Kompas TV olahraga sepak bola

Plt Menpora soal Timnas Israel: Syarat yang Kami Ajukan Kelihatannya Tidak Disepakati FIFA

Kompas.tv - 27 Maret 2023, 21:48 WIB
plt-menpora-soal-timnas-israel-syarat-yang-kami-ajukan-kelihatannya-tidak-disepakati-fifa
Plt Menpora sekaliugus Menko PMK Muhadjir Effendy saat menghadiri acara pembukaan Muktamar Muhammadiyah di Stadion Manahan Solo, Sabtu (19/11). (Sumber: Kiki Luqman)
Penulis : Gilang Romadhan | Editor : Purwanto

JAKARTA, KOMPAS.TV - Pelaksana Tugas (Plt) Menteri Pemuda dan Olahraga (Menpora) Muhadjir Effendy menyebut pemerintah Indonesia telah mengajukan sejumlah syarat kepada FIFA soal keikutsertaan Timnas Israel di Piala Dunia U20 2023. 

Namun, menurut pria yang juga menjabat sebagai Menteri Koordinator Bidang Pembangunan Manusia dan Kebudayaan (Menko PMK), syarat-syarat yang diajukan itu tidak disepakati oleh FIFA selaku penyelenggara Piala Dunia U20. 

"Tentu saja kita sangat menyayangkan kondisi-kondisi atau syarat-syarat yang kita ajukan ke FIFA kelihatannya tidak mendapatkan kesepakatan," kata Muhadjir di Istana Kepresidenan Jakarta, Senin (27/3/2023) dikutip dari Tribunnews

Baca Juga: Mahfud Tegas Indonesia Tak Berhubungan Diplomatik dengan Israel, tapi Cari Jalan Piala Dunia Digelar

Namun, Muhadjir menegaskan bahwa pemerintah Indonesia tetap berpegang terhadap konstitusi. 

"Pokoknya yang kita pegang itu adalah bahwa ini masalahnya bukan soal kebijakan tapi ini soal kepatuhan terhadap konstitusi," sambung Muhadjir.

"Dan konstitusi kita itu di dalam UUD alinea pertama itu bahwa sesungguhnya kemerdekaan ialah hak segala bangsa. Dan oleh sebab itu maka penjajahan di atas dunia harus dihapus karena tidak sesuai dengan perikemanusiaan dan perikeadilan," imbuh Muhadjir.

Baca Juga: Cek Stadion di Bali, Pihak FIFA Ngaku Tak Tahu soal Kelanjutan Piala Dunia U20 di Indonesia

“Karena itu, dalam ketika ada negara yang timnya kita indikasikan masuk kategori itu harus ada prasyarat-prasya khusus dan itulah yang kita ajukan ke FIFA. Dan kelihatannya tidak ada titik temu," tegasnya.

Diberitakan sebelumnya, PSSI mengumumkan bahwa salah satu tahapan Piala Dunia U20 2023, yakni drawing atau undian fase penyisihan grup resmi dibatalkan. 

Drawing Piala Dunia U20 2023 rencananya digelar di Bali pada 31 Maret 2023 mendatang. 

Baca Juga: Dianggap Jadi Biang Keladi Pembatalan Drawing Piala Dunia U-20, Gubernur Bali Wayan Koster Bela Diri

Namun, Gubernur Bali Wayan Koster menolak kehadiran salah satu kontestan Piala Dunia U20 2023, Timnas Israel. 

Sementara itu, Piala Dunia U20 2023 rencananya akan digelar mulai 20 Mei-11 Juni 2023 di enam provinsi Indonesia; Sumatera Selatan, DKI Jakarta, Jawa Barat, Jawa Tengah, Jawa Timur, dan Bali. 


 



Sumber : Kompas TV/Tribunnews


BERITA LAINNYA



Close Ads x