Kompas TV regional jawa timur

Kuliner Madura, Bebek Bumbu Hitam Siap Saji Cocok untuk Sahur

Kompas.tv - 27 Maret 2023, 19:24 WIB
Penulis : KompasTV Jember

BANGKALAN, KOMPAS.TV - Bagi para pecinta kuliner, menu olahan bebek memang sulit dilewatkan, termasuk bebek bumbu hitam Madura. Seorang pengusaha kuliner di Bangkalan Jawa Timur mengemasnya siap saji bagi anda yang tidak punya waktu untuk memasak makanan buka puasa maupun sahur.

Adalah Abi Mulyar, pengusaha kuliner asal Kabupaten Bangkalan yang mengolah bebek bumbu hitam siap saji. Racikan bumbu bebek hitam terdiri dari bawang merah, bawang putih, lada hitam, ketumbar, kunyit, lengkuas dan merica bubuk. Beragam rempah ini lalu dihaluskan atau ditumbuk hingga menjadi adonan bumbu hitam.

Untuk bahan utama, yakni daging bebek harus direbus terlebih dahulu dengan air bumbu khusus selama satu jam lebih. Lalu goreng daging bebek yang sudah direbus hingga terlihat matang. Kemudian bebek digoreng lagi dengan adonan bumbu hitam yang sudah disiapkan sebelumnya.

Bebek bumbu hitam kemudian dikemas ke dalam plastik khusus makanan, yakni food grade. Setiap kemasan kedap udara ini berisi empat potong daging bebek. Satu kemasan dibandrol dengan harga delapan puluh ribu rupiah.

Baca Juga: Menikmati Kuliner Khas Madura, Soto Mata Sapi Kuah Merah

Kemasan bebek bumbu hitam cocok untuk sahur maupun buka puasa, karena meski tidak memakai bahan pengawet, bebek bumbu hitam kemasan ini tahan lama, yakni hingga satu minggu lebih.

Kemasan bebek bumbu hitam yang disimpan dalam freezer cukup direndam dalam air panas bersama kemasannya sebelum dimasak.

 

#kuliner #bebekmadura #bebekbumbuhitam #bangkalan #sahur #bukapuasa



Sumber : Kompas TV

BERITA LAINNYA



Close Ads x