Kompas TV regional berita daerah

Menikmati Kuliner Khas Madura, Soto Mata Sapi Kuah Merah

Kompas.tv - 8 Maret 2023, 21:30 WIB
Penulis : KompasTV Jember

BANGKALAN, KOMPAS.TV - Berburu kuliner Madura memang tidak habisnya, seperti soto mata sapi, yang disajikan di sebuah warung di Kabupaten Bangkalan Jawa Timur. Soto ini terbuat dari daging di bagian mata sapi dan disajikan dengan kuah merah. Lalu seperti apa rasanya, simak liputannya.

Inilah warung soto mata sapi, berada di Desa Burneh Kabupaten Bangkalan. Soto mata sapi menjadi menu favorit di warung ini. Soto mata sapi hanya menggunakan daging yang ada di bagian mata sapi saja.

Sebelum disajikan, daging di bagian mata sapi harus direbus dulu dengan menggunakan rempah khusus. Perebusan dilakukan selama 2 jam agar daging dan bagian mata lainnya lunak saat dikunyah.

Baca Juga: Kuliner Madura, Nasi Jagung Disajikan dengan Babat Usus Sapi

Soto mata sapi disajikan dengan lontong, kecambah, bawang dan kacang goreng. Sedangkan daging mata sapi diiris kecil atau disajikan utuh. Kuah soto berwarna merah, khas kuah soto Bangkalan Madura. Pengunjung juga bisa nambah usus sapi, babat dan tulang lunak.

Kenikmatan soto mata sapi berbeda dengan soto lainnya. Jika datang ke Bangkalan, patut mencoba kuliner soto mata sapi. Lokasinya hanya 15 menit dari jembatan suramadu. Satu porsi soto mata sapi dijual seharga 30 ribu rupiah.

 

#kuliner #madura #sotodaging #matasapi #bangkalan



Sumber : Kompas TV

BERITA LAINNYA



Close Ads x