Kompas TV nasional humaniora

Sri Mulyani Ingatkan Petugas Bea Cukai agar Tak Asal Acak-Acak Barang Penumpang

Kompas.tv - 27 Maret 2023, 19:31 WIB
sri-mulyani-ingatkan-petugas-bea-cukai-agar-tak-asal-acak-acak-barang-penumpang
Menteri Keuangan RI Sri Mulyani menjelaskan soal laporan mengenai transaksi mencurigakan sebesar Rp349 triliun di Kementerian Keuangan dan mengatakan banyak yang tak berkaitan dengan lembaganya dalam rapat kerja dengan Komisi XI DPR, Senin (27/3/2023). (Sumber: Tangkapan layar Kompas TV)
Penulis : Kurniawan Eka Mulyana | Editor : Edy A. Putra

JAKARTA, KOMPAS.TV - Menteri Keuangan (Menkeu) Sri Mulyani mengingatkan petugas Bea Cukai yang ada di lapangan agar tidak asal mengacak-acak barang penumpang pesawat.

Peringatan tersebut disampaikan Sri Mulyani dalam rapat kerja bersama Komisi XI DPR RI di kompleks Parlemen, Senayan, Jakarta, Senin (27/3/2023).

"Jangan sampai semua orang kemudian diadul-adul (acak-acak) barangnya yang membuat marah," kata Sri Mulyani, dikutip dari tayangan Breaking News Kompas TV.

Sebelumnya, ia juga mengingatkan agar petugas Bea Cukai memperbaiki sisi pelayanan untuk masyarakat.

Sri Mulyani mengingatkan agar mereka menggunakan manajemen risiko (risk management) guna memberikan pelayanan terbaik.

Baca Juga: Cerita Alissa Wahid Diintimidasi Bea Cukai: Saya yang Bisa Panggil Paspampres Saja Stress

"Kami juga menyadari, teman-teman Bea Cukai perlu terus memperbaiki juga dari sisi pelayanan yang harusnya berdasarkan risk management," ujarnya.

Dalam kesempatan itu, ia juga menjelaskan, Indonesia menerapkan batasan harga maksimal 500 dolar Amerika Serikat (AS) untuk barang bawaan dari luar negeri yang bebas pajak, selama itu untuk kepentingan pribadi.

Sebelumnya, putri Presiden ke-4 RI Abdurrahman Wahid (Gus Dur), Alissa Qotrunnada Munawaroh Wahid atau Alissa Wahid, menceritakan dirinya pernah mendapat perlakuan kurang baik dari petugas Bandara Soekarno-Hatta, Tangerang, Banten, beberapa tahun lalu.

Diceritakan Alissa, petugas bandara bahkan mencecarnya dengan sejumlah pertanyaan saat ia baru tiba dari Taiwan hingga mengacak-acak kopernya.

Dia membagikan kisahnya itu melalui akun Twitter pribadinya, @Alissawahid, Senin, 20 Maret 2023.

Alissa menceritakan hal tersebut menanggapi cuitan yang mengisahkan soal Tenaga Kerja Wanita (TKW) yang kerap diperlakukan buruk oleh pihak Bea Cukai.

Alissa mengaku diperiksa oleh petugas bandara dan diminta untuk membuka kopernya.

"Suatu ketika saya pulang dari Konferensi di Taiwan. Di Cengkareng, saya diarahkan menuju meja pemeriksaan yg di dalam itu. Mbak petugas nanya: 'Kamu pulang kerja ya di Taiwan? Berapa lama kerja di sana? Bawa apa aja? Buka kopernya'," kata Alissa dalam cuitannya.

Seolah mencurigai Alissa, petugas kemudian memastikan kembali perihal isi koper hingga pekerjaannya di Taiwan.

Baca Juga: Mengejutkan, Oleh-Oleh Seharga Rp300.000 Kena Pajak Bea Cukai Rp600.000, Ini Duduk Perkaranya

"'Kerja apa 3 hari di taiwan? Kok bawaannya koper gede? Beli apa aja? Emang dibayar berapa?'"

"'Kok kamu bisa belanja dan bawa barang banyak? Kamu kerja apa?'" cuit Alissa menirukan perkataan petugas Bea Cukai tersebut.


 



Sumber : KOMPAS TV


BERITA LAINNYA



Close Ads x