Kompas TV internasional kompas dunia

Jelang Ramadan, Pasukan Taliban Serbu Persembunyian ISIS di Kabul, Tewaskan 3 Milisi

Kompas.tv - 22 Maret 2023, 18:34 WIB
jelang-ramadan-pasukan-taliban-serbu-persembunyian-isis-di-kabul-tewaskan-3-milisi
Arsip. Asap membubung dari gedung sebuah hotel setelah terjadi sejumlah ledakan dan tembakan di Kabul, Afghanistan, Senin, 12 Desember 2022. Pasukan Taliban menyerbu sebuah tempat persembunyian kelompok ekstremis ISIS di Kabul, Afghanistan, Selasa (21/3/2023) malam waktu setempat. Taliban menyatakan bahwa tiga milisi ISIS tewas dalam penyerbuan ini. (Sumber: AP Photo)
Penulis : Ikhsan Abdul Hakim | Editor : Vyara Lestari

KABUL, KOMPAS.TV - Pasukan Taliban menyerbu sebuah tempat persembunyian kelompok ekstremis ISIS di Kabul, Afghanistan, Selasa (21/3/2023) malam waktu setempat. Taliban menyatakan bahwa tiga milisi ISIS tewas dalam penyerbuan ini.

ISIS yang beroperasi di Afghanistan, ISIS-Khurasan, merupakan musuh utama Taliban sejak kelompok itu rampung merebut Afghanistan pada Agustus 2021 lalu. ISIS kerap menyerang pejuang Taliban serta minoritas Syiah.

Baca Juga: 30 Detik Gempa 6.5 M Guncang Afghanistan-Pakistan, Warga Kabul: Mengerikan

Juru bicara Taliban, Zabihullah Mujahid menyebut para kombatan ISIS yang diserang merencanakan serangan pada bulan Ramadan 1444 Hijriah. Afghanistan sendiri menetapkan 1 Ramadan jatuh pada Kamis (23/3) besok.

"Anggota ISIS menggunakan persembunyian ini untuk meluncurkan serangan di kota Kabul dan berencana menyerang tempat-tempat ibadah dan warga sipil pada Ramadan besok," kata Mujahid dikutip Associated Press, Rabu (22/3).

Pada Minggu (26/2) lalu, pasukan Taliban juga menyerang sebuah tempat persembunyian ISIS di Kabul. Dalam operasi ini, Taliban menewaskan dua kombatan ISIS dan melukai satu lainnya.

Baca Juga: Mantan Pasukan Khusus Australia Ditangkap Polisi, Diduga Terlibat Kejahatan Perang di Afghanistan


 



Sumber : Associated Press


BERITA LAINNYA



Close Ads x