Kompas TV nasional rumah pemilu

Sayur Lodeh di Istana, Disebut Simbol Jokowi Sodorkan Nama Capres kepada Megawati

Kompas.tv - 21 Maret 2023, 11:24 WIB
sayur-lodeh-di-istana-disebut-simbol-jokowi-sodorkan-nama-capres-kepada-megawati
Ketua Umum Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan (PDI-P) Megawati Soekarnoputri bertemu dengan Presiden Joko Widodo di Istana Merdeka, Jakarta, Sabtu (18/3/2023) (Sumber: Dokumentasi Istana Presiden via Kompas.id)
Penulis : Dedik Priyanto | Editor : Desy Afrianti

JAKARTA, KOMPAS.TV - Direktur Eksekutif Parameter Politik Indonesia Adi Prayitno menilai, pertemuan antara Presiden Jokowi da Ketum PDI Perjuangan Megawati Soekarnoputri sebagai sinyal pengumuman capres bakal segera dilakukan.

Menurut Adi Prayitno, sinyal itu terlihat jelas dari pertemuan antara Jokowi dan Megawati yang disebut-sebut terjadi selama dua jam itu pada Sabtu (18/3/2023) kemarin.

Adapun sayur lodeh yang disebut dalam pertemuan diterkanya sebagai simbol atas sejumlah nama figur yang diajukan Presiden pada Megawati untuk maju di Pilpres 2024.

”Ketika Jokowi menyodorkan sayur lodeh, itu bisa dianggap sebagai bahasa simbolik bahwa secara politik Jokowi bisa menyodorkan nama-nama sebagai bentuk pertimbangan kepada Megawati," kata Adi dilansir kompas.id, Selasa (21/3/2023).

Baca Juga: Jokowi Dikabarkan AJukan 2 Sosok Capres ke Megawati, Ganjar dan Prabowo?

Meski begitu, katanya, keputusan mutlak di tangan oleh Megawati meskipun tawaran sudah terlihat dalam simbol-simbol dari Jokowi

"Soal siapa yang akan jadi capres, keputusan resminya tentu ada di Megawati,” ujarnya. 

Adapun soal nama itu, dikabarkan beberapa nama mencuat sebagai capres yang coba ditawarkan Jokowi kepada Megawati dan disebut-sebut mengerucut dua nama, yakni Prabowo Subianto dan kader PDIP sendiri yakni Ganjar Pranowo. 

Baca Juga: Ditanya soal Kemungkinan Duet Prabowo dan Ganjar di Pilpres 2024, PDIP: Kami Tak Bisa Berandai-andai

Sebelumnya, Sekretaris Jenderal Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan (PDI-P) Hasto Kristiyanto mengungkapkan, pertemuan Presiden Jokowi dengan Megawati di Istana Merdeka, Jakarta pada Sabtu (18/3/2023) berlangsung penuh keakraban.

Dalam pertemuan itu, pihak Istana menyajikan sayur lodeh. 


 

"Lodeh ini menjadi hidangan yang istimewa, karena dulu Bung Karno ketika mencoba di masa-masa konfrontasi fisik, Ibu Fatmawati sempat mengadakan lomba memasak untuk mencari siapa juru masak terbaik yang bisa memasak menghadirkan sayur lodeh," kata Hasto dalam keterangan yang diterima, Senin (20/3/2023).

Hasto juga menyampaikan, Indonesia memiliki beragam hidangan sajian makanan yang kaya akan cita rasa, salah satunya sayur lodeh. 

"Sayur lodeh ini kan simbol ketika menghadapi berbagai tantangan, di situlah saripati simbolisasi keselamatan dilakukan," ucap dia.

Hasto yang juga hadir dalam pertemuan itu menyampaikan, Jokowi dan Megawati membahas hal-hal strategis, termasuk soal dinamika politik saat ini.



Sumber : Kompas TV/kompas.id


BERITA LAINNYA



Close Ads x