Kompas TV regional berita daerah

Bersamaan Nyepi, Tarawih Pertama Bisa Dilakukan Di Rumah

Kompas.tv - 20 Maret 2023, 12:53 WIB
Penulis : KompasTV Dewata


DENPASAR, KOMPAS TV - Hari Raya Nyepi di Bali tahun ini  bertepatan dengan hari pertama umat Muslim menjalankan ibadah puasa atau Sholat Tarawih. Saat Hari Raya Nyepi Tahun Baru Caka 1945 biasanya umat Hindu di Bali menjalankan catur brata penyepian dalam sehari penuh. Masing masing amati karya- tidak bekerja, amati geni - tidak menyalakan api, amati lelungan- tidak berpergian,  dan amati lelanguan - tidak bersenang senang.

Untuk menjaga keharmonisan antar umat beragama khususnya di Bali, Pemerintah Kota Denpasar, Majelis Desa Adat dan Forum Kerukunan Antar Umat Beragama (FKUB) telah mengeluarkan Surat Edaran dalam melaksanakan hari pertama sholat tarawih di saat umat Hindu melaksanakan Hari Suci Nyepi.
 

Dalam Surat Edaran Pemerintah Kota Denpasar pada poin tiga ditekankan,  ibadah sholat tarawih pertama dilaksanakan di rumah masing masing. Untuk yang menggelar sholat tarawih di masjid maupun mushola,  wajib berkoordinasi dengan prajuru desa adat atau aparat desa kelurahan, datang ke masjid dengan tidak bergerombol, tidak menggunakan pengeras suara,  dan membatasi sinar lampu hingga keluar masjid atau mushola.

Wakil Walikota Denpasar, I Kadek Agus Aryawibawa juga menghimbau, agar seluruh umat untuk mematuhi apa yang telah disepakati bersama dalam Surat Edaran tersebut.

 

 

 

 

 


 

#harirayanyepi  #bulanramadhan  #pemkotdenpasar



Sumber : Kompas TV

BERITA LAINNYA



Close Ads x