Kompas TV regional berita daerah

Sajikan Makanan Bergizi Gratis, Warung Ikhlas Bantu Tangani Stunting

Kompas.tv - 17 Maret 2023, 14:24 WIB
Penulis : KompasTV Jateng

SEMARANG, KOMPAS.TV - Selain bertujuan membantu masyarakat kurang mampu, kini warung Ikhlas yang dikelola pengurus Pesantren Jalanan Ridho Allah (PJRA), Kota Semarang, Jawa Tengah, bertekad ikut membantu pemerintah dalam upaya penurunan angka stunting.

Meski gratis, tapi warung Ikhlas ini tetap menyajikan olahan masakan yang bergizi. Di sini, wanita yang sedang hamil atau anak-anak bisa makan di warung tanpa harus membayar. Masakan bergizi yang disajikan berupa sayuran dan  lauk seperti ayam goreng, ikan dan tahu.

Di Kota Semarang sudah berdiri dua warung Ikhlas, yaitu berlokasi di Jalan Puspanjolo Dalam, Semarang Barat dan Jalan Kijang Utara. Antono Basuki, Guru Besar Majelis Ridho Allah menegaskan, pada intinya warung Ikhlas adalah sebagai bentuk kepedulian kepada masyarakat miskin serta kurang mampu.

“Kita lauknya ditekankan harus yang bergizi. Biar sekaligus mengurangi stunting. Semuanya gratis, baik makanan dan minumnya,” ujar Antono Basuki.

Pada dasarnya, warung ini gratis. Akan tetapi, jika ada warga yang akan membayar bisa memasukan uangnya ke dalam kotak infak. Sejauh ini, modal untuk biaya warung Ikhlas berasal dari sumbangan sukarelawan para jemaah pesantren dan warga sekitar.

Tidak hanya di Kota Semarang, warung Ikhlas juga tersebar di beberapa kota dan kabupaten se-Jawa Tengah, dan bahkan di Yogyakarta telah berdiri 10 warung Ikhlas.

#pesantren #stunting #warung



Sumber : Kompas TV

BERITA LAINNYA



Close Ads x