Kompas TV nasional rumah pemilu

Anies Baswedan Bantah Curi Start Kampanye Pilpres 2024: Di Kita Namanya Akselerasi

Kompas.tv - 17 Maret 2023, 08:06 WIB
anies-baswedan-bantah-curi-start-kampanye-pilpres-2024-di-kita-namanya-akselerasi
Bakal capres Anies Baswedan bertemu dengan masyarakat Kalimantan Selatan, Kamis (16/2/2023). (Sumber: Twitter: @aniesbaswedan)
Penulis : Dedik Priyanto | Editor : Desy Afrianti

JAKARTA, KOMPAST.V - Anies Baswedan membantah pernyataan yang menyebut dirinya sering bersafari disebut sebagai upaya melakukan kampanye lebih awal atau mencuri start dalam kontestasi pemilihan presiden (Pilpres) 2024.

Bakal calon presiden dari Koalisi Perubahan itu menyebut keliru bila disebut curi start untuk kampanye Pilpres 2024. 

Menurut dia, kata curi start itu seperti nyelonong, tetapi tidak demikian karena ia hanya akselerasi. 

Akselerasi itu, lanjutnya, seperti dalam sebuah sekolah dan dilakukannya bersama tiga partai, yakni Demokrat, PKS dan Nasdem. 

"Hari ini yang kita miliki sesungguhnya bukan mencuri start," kata kata Anies dalam acara silaturahmi dan dialog kebangsaan lintas tokoh Korps Alumni Himpunan Mahasiswa Islam (KAHMI) Jaya, Kamis (16/3/2023).

"Kalau mencuri start itu kesannya seperti nengok kanan-kiri nyari kesempatan nyelonong. Bukan," ujarnya dilansir Kompas.com.

Baca Juga: Anies Baswedan Safari ke Jatim Hari Ini: Jumpa Pendukung dan Sowan Ulama Madura, Bertemu Khofifah?

Mantan Guburnur DKI jakarta itu lebih senang menyebut kegiatan safari politiknya sebagai head start atau akselerasi seperti dalam sekolah. 

"Ini adalah head start, bukan mencuri start. Head start itu artinya seperti kita sekolah saja, kelas 5 enggak usah lewat kelas 6, langsung kelas 1 SMP. Kalau di kita namanya akselerasi," ujar Anies.

Ia lantas mengatakan, tak semua mampu menjalani kelas akselerasi karena punya kemampuan melakukan tugas.


 

Itulah sebabnya, kata Anies, kelas akselerasi hanya diambil oleh siswa yang memiliki kecukupan kemampuan untuk mengerjakan tugas yang lebih.

"Akselerasi itu yang baik-baik saja akselerasi. Akselerasi itu tiga partai ini, tiga partai ini melakukan akselerasi," katanya. 

Baca Juga: Anies Baswedan: Bayangkan Ada Petinggi Nyatakan Mari Ubah Konstitusi, di Posisi Kunci Menko

Ia lantas menyebut, akselerasi ini hanya untuk mereka yang bergerak awal. 

"Hanya mereka yang siap yang memutuskan bergerak lebih awal," ujarnya lagi.

Sebelumnya seperti diberitakan, Anies Baswedan dijadwalkan akan safari ke Jawa Timur mulai hari ini, Jumat (17/3/2023) sampai Minggu (19/3) dalam rangka Pilpres 2024.

Selama safari itu, Anies Baswedan bakal bertemu dengan para pendukung, salat Jumat di Masjid Al-Akbar Surabaya sampai sowan ke beberapa ulama di Jawa Timur dan Madura. 



Sumber : Kompas TV/kompas.com


BERITA LAINNYA



Close Ads x