Kompas TV regional berita daerah

Gelar Simulasi Kebakaran di HUT Satpol PP, Bupati Jember Akan Dirikan Dinas Damkar

Kompas.tv - 15 Maret 2023, 21:04 WIB
Penulis : KompasTV Jember

JEMBER, KOMPAS.TV - Petugas pemadam kebakaran Pemerintah Kabupaten Jember Jawa Timur menggelar simulasi penanganan kebakaran dalam apel gelar pasukan di Hari Ulang Tahun Satuan Polisi Pamong Praja dan Pemadam Kebakaran, Rabu (15/3/2023).

Upacara gelar pasukan memperingati HUT ke 104 Satpol PP dan Pemadam Kebakaran digelar di Alun-alun Jember. Upacara diawali dengan simulasi penanganan kebakaran.

Petugas memperagakan teknik pemadaman api yang membakar rumah dengan menggunakan alat pemadam kebakaran sekaligus menyelamatkan korban yang terjebak di lokasi kebakaran.

Simulasi kebakaran difokuskan pada kebakaran yang disebabkan oleh kebocoran tabung gas elpiji dan tumpahan bahan bakar minyak. Dua pemicu tersebut kerap terjadi di masyarakat. Petugas memberikan edukasi kepada masyarakat agar tidak panik saat terjadi kebakaran yang dipicu kebocoran tabung gas maupun tumpahan bahan bakar minyak.

Kepala UPT Pemadam Kebakaran Kabupaten Jember, Ahmad Siddiq mengatakan bahwa kegiatan itu untuk melatih kesiapsiagaan petugas sekaligus edukasi bagi masyarakat dalam penanganan pertama bencana kebakaran.

Baca Juga: Padamkan Kebakaran Rumah Warga, Petugas Damkar Tersengat Listrik

Bupati Jember, Hendy Siswanto Hadir memimpin gelar pasukan HUT Satpol PP dan Pemadam Kebakaran. Dalam sambutannya, Bupati menegaskan akan membentuk organisasi perangkat daerah khusus pemadam kebakaran. Hal itu sesuai dengan perintah Menteri Dalam Negeri agar pemerintah lebih mampu melayani masyarakat dalam hal penanganan bencana kebakaran.

Di  Jember sendiri, UPT Pemadam Kebakaran masih berada dibawah komando Satpol PP. Kedepan UPT Pemadam Kebakaran akan ditingkatkan menjadi OPD atau Dinas.

 

#simulasikebakaran #hutsatpolpp #pemkabjember #bupatijember #uptdamkar #alunalunjember



Sumber : Kompas TV

BERITA LAINNYA



Close Ads x