Kompas TV regional berita daerah

Sambal Goreng Durian Mengkal, Unik Enak dan Mudah Dibuat

Kompas.tv - 13 Maret 2023, 11:42 WIB
Penulis : KompasTV Jateng

SEMARANG, KOMPAS.TV - Jika anda salah memilih durian masih kondisikurang matang atau mengkal masih keras, jangan keburu di buang. Di tangan seorang ibu warga Randu Sari Gunungpati, Kota  Semarang, Jawa Tengah, buah durian yang belum matang atau mengkal disulap menjadi kuliner sambal goreng yang diberi nama sambal goreng durian mengkal.

Meski nama kuliner sambal goreng ini terdengar aneh dan unik, karena biasanya anda menikmati sambal goreng kentang  ataupun ampela ati, namun sambal goreng dengan bahan dasar buah durian ini rasanya lezat dan mudah dibuat.

Resep ala rumahan yang sederhana dan lezat ini hanya membutuhkan bahan olahan seperti buah durian mengkal atau tekstur daging buahnya keras, udang, petai serta bumbu dapur seperti cabai rawit, bawang, kemiri, gula, garam, daun salam, lengkuas dan santan.

Baca Juga: Prabowo Mania 08 Deklarasi Dukung Prabowo Maju Pilpres 2024, Buka Peluang Ganjar jadi Cawapres?

Cara mengolahnya pun sangat mudah, potong kecil - kecil daging durian yang masih keras atau mengkal, kemudian haluskan semua bumbu. Langkah selanjutnya tumis bumbu dan jika sudah berbau harum masukan udang serta petai. Setelah itu tambahkan air secukupnya dan jika sudah mendidih,  masukan santan. Langkah terakir masukkan irisan  buah durian dan tunggu sampai matang.

Hhmm... sambal goreng durian mengkal ini lebih cocok dinikmati dengan lontong atau ketupat.

"Sambel goreng durian, rasanya luar biasa enak sekali. Duriannya masih terasa gurih, manisnya juga dapat," ujar Agus Sutanto, penikmat durian.

Perpaduan rasa pedas, gurih dengan rasa khas buah durian memberikan pengalaman kuliner yang pastinya jadi lebih berbeda. Bagaimana anda tertarik untuk mencoba olahan sambal goreng durian mengkal ini??.

#durian #sambalgoreng #semarang

 



Sumber : Kompas TV

BERITA LAINNYA


Close Ads x