Kompas TV nasional rumah pemilu

Demokrat Klaim Anies Lebih Menjanjikan dengan AHY Ketimbang Khofifah, Surya Paloh: Terserah Capres

Kompas.tv - 10 Maret 2023, 19:14 WIB
demokrat-klaim-anies-lebih-menjanjikan-dengan-ahy-ketimbang-khofifah-surya-paloh-terserah-capres
Ketua Umum Partai Nasdem Surya Paloh (kanan) bersama Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan. (Sumber: KOMPAS/RONY ARIYANTO NUGROHO)
Penulis : Fadel Prayoga | Editor : Fadhilah

JAKARTA, KOMPAS TV - Ketua Umum Partai Nasdem Surya Paloh meminta kepada partai politik (parpol) yang tergabung dalam Koalisi Perubahan agar menyerahkan sepenuhnya kepada bakal capres Anies Baswedan ihwal sosok bakal cawapres yang dipilihnya nanti di Pilpres 2024. 

Baca Juga: Andi Arief: Anies-AHY Lebih Menjanjikan Ketimbang Anies-Khofifah

Hal ini menanggapi pernyataan Ketua Bappilu DPP Partai Demokrat Andi Arief yang menyebut Anies memiliki potensi menang lebih besar saat berpasangan dengan ketua umumnya Agus Harimurti Yudhoyono atau AHY, ketimbang bersama Gubernur Jawa Timut Khofifah Indar Parawansa. 

"Memang itu terserah bagi capresnya. Kan, dari awal kita serahkan kepada capres. Ya atur saja sama capresnya," kata Surya seperti dikutip dari Kompas.com, Jumat (10/3/2023).

Menurut dia, setiap pendapat yang disampaikan ke publik bisa berdasarkan atas pemikiran subjektif maupun objektif. Hal tersebut merupakan sebuah dinamika politik dalam sebuah negara demokrasi.

"Saya bilang semuanya yang berpikir baik, ya kita tanggapi baik-baik saja," kata Surya.

Surya Paloh menegaskan, sejauh ini Koalisi Perubahan belum memutuskan siapa pasangan capres-cawapres yang akan diusung di pesta demokrasi nanti.

Sebelumnya, Andi Arief mengatakan, bila diduetkan dengan Gubernur Jawa Timur Khofifah Indar Parawansa, kans Anies untuk menang pada pesta demokrasi nanti menjadi lebih kecil ketimbang jika berpasangan dengan AHY. 

Menurut dia, jika seseorang berasal dari satu daerah, sudah tentu akan didukung oleh daerah tersebut untuk beberapa hal. 

Namun bukan berarti dukungan masyarakat tersebut merepresentasikan suara dominan provinsi tersebut, apalagi suara nasional.
 
“Jadi dalam melihat survei kita melihat kedua pasangan ini dikehendaki seluruh rakyat Indonesia. Nah itulah perlunya dalam simulasi-simulasi kami menunjukkan Anies-AHY yang cukup menjanjikan ketimbang Anies-Khofifah,” kata Andi kepada wartawan, Kamis (9/3/2023). 

Baca Juga: Heboh Poster Anies Baswedan dan Firli untuk Pilpres 2024 Deklarasi 10 Maret, KPK Buka Suara

Ia menilai bahwa pemilihan presiden merupakan kelas nasional, bukan level provinsi apalagi kabupaten/kota.

Oleh sebab itu, dirinya optimistis bila AHY yang lebih pantas mendampingi Anies sebagai bakal cawapres pada Pilpres 2024. 

“Pilpres kita kan pilpres nasional, bukan pilpres wilayah yang basisnya wilayah, jadi bukan pilpres yang dipisah-pisah antara pemilu di Jawa Timur dengan pemilu di seluruh Indonesia. Jadi itu kesalahan berpikir,” kata Andi.

 




Sumber : Kompas TV/Kompas.com


BERITA LAINNYA



Close Ads x