Kompas TV nasional rumah pemilu

Bagaimana Peluang Duet Prabowo-Ganjar di Pilpres 2024? Begini Analisa Burhanuddin Muhtadi

Kompas.tv - 9 Maret 2023, 19:16 WIB
bagaimana-peluang-duet-prabowo-ganjar-di-pilpres-2024-begini-analisa-burhanuddin-muhtadi
Jokowi bersama Ganjar Pranowo dan Prabowo Subianto di Kebumen, Jawa Tengah, disebut sinyal terkait Pilpres 2024 (Sumber: Sekretariat Presiden )
Penulis : Rizky L Pratama | Editor : Deni Muliya

JAKARTA, KOMPAS.TV - Direktur Eksekutif Indikator Politik Indonesia, Burhanuddin Muhtadi memberikan pandangannya mengenai peluang duet Prabowo Subianto dengan Ganjar Pranowo dalam Pilpres 2024 mendatang. 

Seperti yang diketahui, duet Prabowo-Ganjar menarik perhatian publik usai keduanya mendampingi Presiden Joko Widodo saat meninjau panen raya di Desa Lajer, Kecamatan Ambal, Kebumen, Jawa Tengah, Kamis (9/3/2023). 

Dalam beberapa momen, Jokowi, Prabowo dan Ganjar tertangkap kamera menunjukkan keakraban ketika berada di tengah sawah. 

Bahkan ketiganya juga menyempatkan diri untuk berswafoto bersama para petani di daerah tersebut. 

Dengan kemesraan yang diperlihatkan Jokowi, yang seolah-olah memberikan sinyal dukungan, Burhanuddin melihat ada peluang duet Prabowo-Ganjar sebagai capres-cawapres bisa terjadi di Pilpres 2024.

Namun, Burhanuddin menambahkan, hal tersebut nantinya masih sangat tergantung dengan konstelasi politik yang ada. 

"Duet itu sangat mungkin terjadi, tapi sangat ditentukan oleh konstelasi politik secara elektoral maupun secara elit jelang pendaftaran capres-cawapres di bulan September tahun ini," kata Burhanuddin kepada Kompas TV. 

"Jadi siapa yang nomor satu, siapa yang nomor dua, tergantung konstelasi di tingkat elit. Terutama dilihat dari asal partai pengusung Ganjar maupun Prabowo. Kalau dilihat dari ukuran asal partai, PDI Perjuangan, asal partainya Ganjar, itu lebih besar ketimbang Prabowo yang menjadi ketua umum Gerindra," jelasnya. 

"Nah yang kedua adalah ukurannya elektabilitas. Siapa di antara keduanya yang punya elektabilitas lebih tinggi sebelum proses pendaftaran di KPU dimulai," imbuhnya.

Baca Juga: Jokowi Akrab dan Selfie Bareng Prabowo-Ganjar di Kebumen, Pengamat: Sinyal Restu Pilpres




Sumber : Kompas TV


BERITA LAINNYA



Close Ads x