Kompas TV regional berita daerah

Kemeriahan Pawai Ta aruf dengan Replika dan Kesenian Tradisional

Kompas.tv - 9 Maret 2023, 00:51 WIB

PEKALONGAN, KOMPAS.TV - Desa Kerta Besuki, Kecamatan Wanasari, Kabupaten Brebes, Jawa Tengah, meriahkan Sabtu sore mereka dengan menggelar Pawai Ta'aruf. Kegiatan yang diikuti oleh berbagai kalangan masyarakat ini dimulai dari halaman Madrasah Ibtidaiyah setempat hingga berkeliling kampung sejauh sekitar lima kilometer.

 

Kemeriahan Pawai Ta'aruf semakin terasa dengan beragam replika dan kesenian tradisional serta musik drum band yang mengiringi para peserta. Tak ketinggalan, replika perahu juga turut diarak oleh para peserta, karena prahu menjadi simbol penting bagi sebagian besar warga desa yang berprofesi sebagai nelayan.

 

Meski panasnya terik matahari tak menyurutkan antusias para peserta yang terdiri dari anak-anak hingga orang tua. Banyak pula warga yang menonton kegiatan ini dan mengabadikan momen tersebut dengan menggunakan handphone.

 

Ketua Panitia Penyelenggara, Akhmad Rohmani, mengungkapkan bahwa kegiatan Pawai Ta'aruf ini dilaksanakan rutin setiap tahunnya. Namun, kali ini menjadi yang pertama setelah sempat terhenti selama tiga tahun akibat pandemi COVID-19.

 

Kegiatan ini memiliki tujuan yang sangat penting yaitu memberikan pendidikan kepada generasi penerus agar paham tentang kebhinekaan Indonesia. Selain itu, kegiatan ini juga bertujuan untuk melestarikan salah satu budaya yang sudah ada sejak dulu. Akhmad Rohmani berharap agar kegiatan Pawai Ta'aruf dapat terus dilaksanakan dan semakin meningkatkan rasa kebersamaan serta cinta tanah air.



Sumber : Kompas TV

BERITA LAINNYA


Jawa Tengah dan DIY

Harga Bawang Naik

26 April 2024, 10:13 WIB

Close Ads x