Kompas TV cerita ramadan kesehatan

Ramadan Segera Tiba, Simak Tips Buka Puasa dan Sahur bagi Penderita Asam Lambung

Kompas.tv - 6 Maret 2023, 17:57 WIB
ramadan-segera-tiba-simak-tips-buka-puasa-dan-sahur-bagi-penderita-asam-lambung
Tips buka puasa dan sahur bagi penderita asam lambung. (Sumber: Tribunnews)
Penulis : Fiqih Rahmawati | Editor : Edy A. Putra

JAKARTA, KOMPAS.TV - Bagi penderita asam lambung, berpuasa menjadi tantangan tersendiri. Terdapat sejumlah hal yang harus diperhatikan ketika berbuka puasa dan sahur bagi penderita asam lambung agar ibadah puasa Ramadan tetap lancar.

Dokter spesialis penyakit dalam dan konsultan penyakit lambung dan pencernaan, Ari Fahrial Syam, menyampaikan, menu dan manajemen makanan menjadi hal yang harus diperhatikan.

Ari memberikan rekomendasi beberapa makanan yang dapat dikonsumsi penderita asam lambung ketika berbuka puasa dan sahur. 

Baca Juga: Ramadan 2023: 6 Tips Minum Kopi agar Asam Lambung Tak Naik dan Terhindar dari Dehidrasi saat Puasa

“Kita mesti pintar dalam mengatur makan. Saat sahur lebih baik makanan yang mudah dicerna, seperti rebusan. Jangan, misalnya, makan gulai saat sahur, jangan,” kata Ari dalam program Ayo Sehat yang ditayangkan Kompas TV pada 13 April 2021 lalu.

Tak hanya itu, Ari juga mengimbau penderita asam lambung tidak mengonsumsi kopi saat sahur. Pasalnya, kopi dapat merangsang asam lambung dan memiliki sifat diuretik yang menyebabkan kencing berlebihan.

Hal ini kurang baik karena bisa berpotensi menimbulkan dehidrasi saat seseorang berpuasa.

Adapun makanan yang bisa dikonsumsi penderita asam lambung ketika buka puasa adalah air putih atau teh manis, serta kurma atau makanan kecil.

Ari mengimbau agar penderita asam lambung tidak langsung makan besar pada saat berbuka puasa. Mereka dapat mengisi perut dengan makanan utama setelah minum air putih dan makanan kecil.

Baca Juga: Ramadan 2023 Tinggal Menghitung Hari, Ini 4 Persiapan Spiritual yang Bisa Dilakukan

“Kita harus atur, nggak boleh makan langsung banyak. Lambung kan seperti kantong, dia nanti mengembang tiba-tiba, nanti bisa menyebabkan masalah, jadi mual, kembung, hingga begah,” imbau Ari.

Selain itu, Ari juga menyarankan agar penderita asam lambung menghindari beberapa jenis makanan, baik saat buka puasa maupun saat sahur. Makanan tersebut, seperti cokelat, keju, makanan berlemak, asam-asaman, makanan pedas, dan gorengan.


 



Sumber : Kompas TV


BERITA LAINNYA



Close Ads x