Kompas TV cerita ramadan panduan

Ramadan 2023: 6 Tips Minum Kopi agar Asam Lambung Tak Naik dan Terhindar dari Dehidrasi saat Puasa

Kompas.tv - 6 Maret 2023, 16:23 WIB
ramadan-2023-6-tips-minum-kopi-agar-asam-lambung-tak-naik-dan-terhindar-dari-dehidrasi-saat-puasa
Ilustrasi. Tips minum kopi agar asam lambung tak naik dan tidak dehidrasi selama berpuasa. (Sumber: Pexels/Juan Pablo Serrano Arenas)
Penulis : Fiqih Rahmawati | Editor : Edy A. Putra

JAKARTA, KOMPAS.TV - Bagi sebagian orang, minum kopi menjadi kebutuhan sehari-hari yang sulit ditinggalkan, bahkan saat berpuasa di bulan Ramadan.

Sebagian orang minum kopi untuk tujuan tertentu, seperti menghilangkan kantuk hingga menambah fokus saat bekerja. Saat berpuasa, umat Islam dilarang makan dan minum dari terbitnya fajar hingga terbenamnya matahari.

Ramadan 2023 tinggal menghitung hari. Bagi Anda pecinta kopi, ada baiknya mengetahui tips minum kopi di bulan puasa agar asam lambung tidak naik dan tak mengalami dehidrasi. Berikut penjelasannya dirangkum dari berbagai sumber.

Baca Juga: Niat dan Cara Bayar Utang Puasa, Apakah Puasa Ramadan Tetap Sah jika Belum Melunasinya?

6 Tips Minum Kopi selama Bulan Puasa

1. Minum kopi saat sahur

Kopi mengandung kafein yang dapat menstimulasi sistem saraf dan meningkatkan metabolisme tubuh. Oleh karena itu, minum kopi saat sahur dapat membantu tubuh merasa lebih segar dan bertenaga sepanjang hari. 

Namun, perlu diingat, kita perlu membatasi jumlah kopi yang dikonsumsi agar tidak mengganggu keseimbangan tubuh saat berpuasa.

2. Hindari minum kopi saat berbuka puasa

Kopi mengandung kafein yang dapat meningkatkan produksi asam lambung dalam tubuh. Saat berbuka puasa, tubuh kita dalam kondisi lapar dan perut kosong sehingga konsumsi kopi dapat meningkatkan risiko gangguan pencernaan.

Baca Juga: Ramadan 2023 Tinggal Menghitung Hari, Ini 4 Persiapan Spiritual yang Bisa Dilakukan

3. Batasi jumlah kopi yang dikonsumsi

Sebaiknya kita membatasi jumlah kopi yang dikonsumsi saat berpuasa. Konsumsi kopi yang berlebihan dapat menyebabkan dehidrasi dan gangguan kesehatan lainnya. Ahli merekomendasikan untuk tidak mengonsumsi lebih dari 2-3 cangkir kopi sehari saat berpuasa.

4.Pilih jenis kopi yang tepat

Pilihlah jenis kopi yang rendah kafein atau kopi tanpa kafein saat berpuasa. Jenis kopi yang rendah kafein dapat membantu menghindari efek samping kafein yang berlebihan, seperti dehidrasi dan kelelahan.

5. Jangan tambahkan gula atau susu ke dalam kopi

Gula dan susu dapat memicu produksi insulin dalam tubuh yang dapat memicu rasa lapar dan mengganggu keseimbangan tubuh saat berpuasa. Sebaiknya minum kopi hitam atau tambahkan sedikit madu dan kayu manis untuk memberikan rasa manis pada kopi.

Baca Juga: 15 Ide Usaha Rumahan di Bulan Puasa, Ini yang Berpotensi Paling Laris

6. Minum air putih yang cukup

Saat berpuasa, tubuh kita membutuhkan asupan air yang cukup untuk menjaga keseimbangan cairan dalam tubuh. Konsumsi kopi harus diimbangi dengan asupan air putih yang cukup untuk menghindari dehidrasi.


 



Sumber : Berbagai Sumber

BERITA LAINNYA



Close Ads x