Kompas TV nasional peristiwa

18 Orang Masih Dicari Pasca Kebakaran Depo Pertamina Plumpang, BNPB: Tadinya 24 Orang

Kompas.tv - 4 Maret 2023, 22:33 WIB
18-orang-masih-dicari-pasca-kebakaran-depo-pertamina-plumpang-bnpb-tadinya-24-orang
PMI mengevakuasi jasad ibu dan anak yang ditemukan berpelukan dalam kondisi hangus terbakar di salah satu rumah yang terdampak kebakaran Depo Pertamina Plumpang, Sabtu (4/3/2023). (Sumber: Kompas TV)
Penulis : Johannes Mangihot | Editor : Hariyanto Kurniawan

JAKARTA, KOMPAS.TV - Sebanyak 18 warga belum ditemukan dalam peristiwa kebakaran Depo Pertamina Plumpang, Jumat malam (3/3/2023).

Plt Kepala Pusat Data, Informasi dan Komunikasi Kebencanaan BNPB Abdul Muhari menjelaskan sebelumnya ada 24 warga yang belum ditemukan pasca-kebakaran Depo Pertamina. 

Namun enam korban hilang di antaranya dilaporkan sudah bertemu keluarga dalam keadaan selamat.

"Petugas masih mencari 18 orang yang hilang, sebelumnya sebanyak 24 warga dinyatakan hilang, namun kemudian 6 orang sudah ditemukan dengan keluarganya," ujar Abdul Muhari dalam keterangan tertulisnya, Sabtu (4/3/2023).

Baca Juga: Erick Thohir Ungkit Copot Direksi Saat Bicara Kebakaran Depo Pertamina Plumpang

Abdul Muhari menambahkan dari data BPBD DKI Jakarta, korban meninggal dunia saat ini sebanyak 17 jiwa. 

Kemudian 51 orang korban luka-luka, dengan rincian 49 luka berat dan 2 orang luka ringan. Korban luka ini saat ini mendapat perawatan di enam rumah sakit. 

Yakni di RS Pelabuhan, RS Mulyasari, RS Firdaus, RS Pekerja, RSUD Tugu Koja dan RSUD Koja. 

Selain korban meninggal dan luka, kebakaran Depo Pertamina Plumpang juga membuat warga mengungsi. 

Baca Juga: Upaya Tim Gabungan Cari Korban Hilang, Lakukan Koordinasi dari Posko ke Posko..!

Tercatat ada 1.085 warga mengungsi, para warga yang terdampak kebakaran tersebut kini berada di pos pengungsian. 

Dengan rincian pos pengungsian di RPTRA Rasella 356 warga, gedung Golkar Walang 258 warga, kantor PMI Jakarta Utara 132 warga.

Kantor Lurah Rawa Badak Selatan 79 warga, kantor Subdinakertrans dan Energi Jakarta Utara 74, Masjid Al Kuromas 63, Masjid As Sholihin 63 dan Masjid Al Muhajirin 60 warga. 

Adapun kebakaran Depo Pertamin Plumpang terjadi pada Pukul 20.11 WIB Jumat (3/3/2023). Api berhasil dipadamkan Gulkarmat DKI sekitar Pukul 02.19 WIB, Sabtu (4/3/2023). 


 

Petugas gabungan yang terlibat untuk pemadaman, pencarian dan pertolongan yaitu Dinas Pemadam Kebakaran, Dinas Kesehatan, Dinas Perhubungan, Satpol PP, TNI, Polri, Tagana, Basarnas, BPBD, PMI, Baznas, BSG, PLN dan relawan.

"Kepolisian masih melakukan penyelidikan penyebab kebakaran Depo Pertamina Plumpang yang berada di wilayah Kecamatan Koja, Jakarta Utara," ujar Abdul Mahari. 

 




Sumber : Kompas TV


BERITA LAINNYA



Close Ads x