Kompas TV nasional peristiwa

Polemik Sekolah Jam 5 Pagi, PGRI: Jam 7 Paling Ideal

Kompas.tv - 2 Maret 2023, 21:14 WIB
polemik-sekolah-jam-5-pagi-pgri-jam-7-paling-ideal
Seorang bapak mengantar anaknya ke sekolah saat sudah mulai diberlakukannya kebijakan sekolah jam 5 pagi di Sekolah Menengah Atas (SMA) Negeri I Kupang di Kota Kupang, NTT, Rabu (1/3/2023). (Sumber: Kornelis Kaha/Antara)
Penulis : Rizky L Pratama | Editor : Purwanto

JAKARTA, KOMPAS.TV - Kebijakan masuk sekolah jam 5 pagi atau pukul 05.00 WIT yang diterapkan di sejumlah sekolah menengah di Kupang, Nusa Tenggara Timur (NTT), masih terus menuai polemik. 

Meski pada akhirnya jam masuk sekolah diundur 30 menit jadi 05.30 WIT, masih banyak orang tua dan siswa yang keberatan dengan aturan tersebut, termasuk sejumlah organisasi guru. 

Ketua Umum PGRI Unifah Rosyidi mengatakan, kebijakan sekolah jam 5 pagi itu tidak "rasional" dan harus dikaji kembali. 

"Begitu saya mendengar itu, saya berkomunikasi dengan guru kemudian juga dengan tim Pemda di NTT," kata Unifah kepada Kompas TV, Kamis (2/3/2023). 

"Saya mengatakan bahwa kebijakan itu penting harus melibatkan banyak pihak dan dampaknya karena itu kan tidak bisa berdiri sendiri. Dan tentu saja masuk jam 5 pagi itu, di mana pun itu, di luar rasional kita."

"Jadi kami berharap dikaji kembali (sebelum kemudian) menjadi 5.30 tapi itu juga kami terus-menerus berkomunikasi sebelum ditetapkan," ujarnya. 

Menurut Unifah, kebijakan sekolah jam 5 pagi tersebut masih banyak kekurangan.

Karena di jam-jam itu, merupakan waktu bagi guru untuk punya quality time dengan keluarga. Sementara dari sisi siswa, banyak yang mengeluhkan dari sisi transportasi karena belum ada angkutan umum yang sudah beroperasi saat hari masih gelap. 

"Jadi menurut saya, jam 5 pagi itu tergesa-gesa dan tidak dalam kajian yang mendalam. Itu menurut saya harus dikembalikan ya," ujarnya. 

Baca Juga: Tuai Kritik, Dinas Pendidikan NTT Geser Jam Masuk Sekolah Jadi 5.30 Pagi!



Sumber : Kompas TV


BERITA LAINNYA



Close Ads x