Kompas TV nasional gaya hidup

Tips Agar Rumah Tidak kemasukan Ular saat Musim Hujan, Salah satunya Kendalikan Populasi Tikus

Kompas.tv - 2 Maret 2023, 12:51 WIB
tips-agar-rumah-tidak-kemasukan-ular-saat-musim-hujan-salah-satunya-kendalikan-populasi-tikus
Ilustrasi ular Cokelat Timur, ular paling berbisa kedua di Australia. Saat curah hujan tinggi, rumah berpotensi kemasukan ular. Simak tips di akhir artikel agar ular tidak masuk ke rumah Anda. (Sumber: IStock Via Newsweek)
Penulis : Kiki Luqman | Editor : Gading Persada

JAKARTA, KOMPAS.TV - Saat curah hujan tinggi, rumah berpotensi kemasukan ular. Simak tips di akhir artikel agar ular tidak masuk ke rumah Anda.

Ahli Herpetologi Badan Riset dan Inovasi Nasional (BRIN) Amir Hamidy menjelaskan, tujuan  ular masuk ke rumah saat curah hujan tinggi, agar terhindar dari air.

Amir menyebut, ular tidak serta merta akan hidup terus di dalam air. Pengecualian untuk ular air yang memang berhabitat di dalam air. Itulah mengapa saat suatu daerah kebanjiran, umumnya ular-ular akan muncul dan mencari tempat bebas air.

"Ini Februari di mana curah hujan tinggi, sebenarnya ini musiman. Kalau musim hujan volume air tinggi, ular mencari tempat yang tidak terkena air," ujar Amir, dikutip dari Kompas.com, Rabu (15/2/2023).

Baca Juga: Ular Sepanjang 3,5 Meter Mendadak Ditemukan Petugas Galian Kabel di Sukabumi

Selain hujan, Amir mengatakan, musim penetasan telur juga bisa menjadi alasan di balik kehadiran ular, terutama ular anakan.

"Kalau dia anakan berarti populasi anakan meningkat karena memang musim anakan-anakan telurnya ini menetas," ungkap Amir.

Amir pun membagikan sejumlah cara mencegah ular masuk ke dalam rumah, terutama di tengah musim hujan. Berikut beberapa caranya.

Cara cegah ular masuk rumah saat musim hujan:

  • Pel rumah dengan bau menyengat

Amir menuturkan, untuk mengusir ular, manusia harus terlebih dahulu mengetahui karakteristik hewan melata ini. Menurut dia, ular adalah hewan yang sangat sensitif terhadap bau menyengat.

Oleh karena itu, masyarakat bisa mencegah kehadirannya dengan rajin mengepel lantai menggunakan cairan pembersih berbau menyengat.

"Kalau ada bau menyengat otomatis si ular juga akan menghindar, misalnya dengan cairan pel di pasaran. Harus rajin dipel," kata dia.


 

  • Tidak menumpuk barang

Cara mencegah ular masuk rumah selanjutnya, adalah dengan tidak menumpuk barang-barang seperti kardus. Pasalnya, menurut Amir, ular sangat menyukai tempat-tempat gelap dan lembab seperti tumpukan barang.

  • Kendalikan populasi tikus

Cara ketiga, yakni mengendalikan populasi tikus di dalam rumah. Amir mengungkapkan, secara alami tikus adalah makanan ular.

Untuk itu, tak heran apabila akan ada ular di dalam rumah dengan banyak tikus. "Kalau rumah kita banyak tikusnya ya ular bakal ke situ," ucapnya.

Baca Juga: Heboh Kemunculan Ular Sanca Saat Banjir Landa Kawasan Duren Tiga



Sumber : Kompas TV, Kompas.com


BERITA LAINNYA



Close Ads x