Kompas TV internasional krisis rusia ukraina

Kiev Mengaku Tak Pernah Dalangi Serangan Drone ke Rusia, Moskow Tak Percaya

Kompas.tv - 1 Maret 2023, 21:50 WIB
kiev-mengaku-tak-pernah-dalangi-serangan-drone-ke-rusia-moskow-tak-percaya
Ilustrasi. Seorang tentara Ukraina memantau layar drone dari sebuah pusat komando bawah tanah di Bakhmut, 25 Desember 2022. Penasihat Presiden Ukraina Volodymyr Zelenskyy, Mykhailo Podolyak menyatakan bahwa pihaknya tidak pernah mengirim serangan drone ke teritori Rusia. Pernyataan ini disampaikan Podolyak seiring laporan meningkatnya serangan drone ke wilayah Federasi Rusia belakangan ini. (Sumber: LIBKOS via AP)
Penulis : Ikhsan Abdul Hakim | Editor : Vyara Lestari

KIEV, KOMPAS.TV - Penasihat Presiden Ukraina Volodymyr Zelenskyy, Mykhailo Podolyak menyatakan bahwa pihaknya tidak pernah mengirim serangan drone ke teritori Rusia. Pernyataan ini disampaikan Podolyak seiring laporan meningkatnya serangan drone ke wilayah Federasi Rusia belakangan ini.

"Ukraina tidak menyerang wilayah Rusia," kata Podolyak dikutip TASS, Rabu (1/3/2023).

Baca Juga: Putin Murka Drone Ukraina Tembus Perbatasan hingga 100km dari Moskow, Perintahkan Perkuat Pertahanan

Sebelumnya, otoritas Ukraina tidak pernah mengakui secara langsung tanggung jawab atas serangan drone ke dalam wilayah Rusia atau Krimea. Pejabat-pejabat Kiev sebatas mengeluarkan pernyataan yang menyambut baik serangan-serangan tersebut.

Juru bicara Kremlin, Dmitry Peskov mengaku tidak percaya dengan pernyataan Podolyak tersebut. "Kami tidak percaya dia," kata Peskov singkat saat diminta menanggapi komentar Podolyak.

Belakangan ini, Kementerian Pertahanan Rusia dan sejumlah pejabat regional melaporkan berbagai insiden yang melibatkan drone. Bahkan, pada Selasa (28/2), drone yang diduga milik Ukraina terbang jauh hingga mendekati Moskow.

Kementerian Pertahanan Rusia pun melaporkan pasukan Ukraina berupaya menggunakan drone untuk menyerang pangkalan militer di Oblast (daerah setingkat provinsi) Ryazan, tengah Rusia.

Baca Juga: Putin Tangguhkan Partisipasi Rusia di Perjanjian Kontrol Nuklir, Tuduh NATO Bantu Serangan Drone


 



Sumber : Kompas TV/TASS


BERITA LAINNYA



Close Ads x