Kompas TV nasional peristiwa

22 Hari Disandera KKB, Susi Pudjiastuti Harap Pilot Susi Air Dibebaskan Tanpa Syarat

Kompas.tv - 1 Maret 2023, 12:01 WIB
22-hari-disandera-kkb-susi-pudjiastuti-harap-pilot-susi-air-dibebaskan-tanpa-syarat
Kondisi pilot Susi Air Philip Mark Mehrtens yang disandera oleh kelompok kriminal bersenjata (KKB) pimpinan Egianus Kogoya. (Sumber: Istimewa)
Penulis : Dian Nita | Editor : Desy Afrianti

JAKARTA, KOMPAS.TV - Mantan Menteri Perikanan dan Kelautan, Susi Pudjiastuti tetap berharap pilot maskapai penerbangan Susi Air, Philip Mark Mehrtens yang disandera oleh kelompok kriminal bersenjata (KKB) dibebaskan tanpa syarat.

Diketahui, KKB sempat membakar pesawat Susi Air Pilatus Porter PC 6/PK-BVY di Lapangan Terbang Distrik Paro, Kabupaten Nduga, Papua Tengah dan menyandera pilotnya pada Selasa, (7/2/2023).

Sejak tanggal itulah, Philip Mehrtens sudah 22 hari dijadikan sandera oleh KKB.

"Kita semua prihatin dan berduka. Kita tetap berharap dan berdoa bahwa akhirnya pilot kita Philip Mehrtens bisa dibebaskan tanpa syarat," ucap Founder Susi Air Susi Pudjiastuti dalam Breaking News Kompas TV, Rabu (1/3/2023).

Baca Juga: Susi Pudjiastuti Tegaskan Pilot Susi Air Tidak Bekerja Sama dengan OPM: Dia Sosok Bapak Rumah Tangga

Susi mengaku tidak habis pikir dengan kejadian yang dialami salah satu pesawatnya dan penyanderaan pilot oleh KKB.

"Untuk saya pribadi untuk apa yang terjadi ini adalah sesuatu yang sangat sangat sangat tidak kita harapkan dan saya tidak habis pikir."


 

"Ini pendapat saya ya bukan sebagai Founder Susi Air. Memperjuangkan kemerdekaan dengan merampas kemerdekaan orang itu adalah bukan cara yang bijak dan benar," ucap Susi.

Dia juga membantah terkait isu bahwa pilot Susi Air Philip Mehrtens bekerja sama dengan KKB.

"Ada rumor yang mengatakan bahwa mungkin Philip Mehrtens bersama dengan OPM atau apalah dia, itu tidak benar. Karena dia adalah seorang bapak rumah tangga, saya kenal pribadi dengan keluarga dan istrinya," ujar Susi.

Baca Juga: Pendiri Susi Air, Susi Pudjiastuti Cerita soal Latar Belakang & Sejarah Bekerja Pilot Phil Mehrtens

Selain pilot, ada lima penumpang Susi Air yang sempat hilang kontak sesaat setelah mereka mendarat di Bandar Udara Paro, Kabupaten Nduga, Papua Pegunungan, pada Selasa (7/2/2023).

Lima penumpang merupakan orang asli Papua (OAP). Kelimanya telah dievakuasi dan kembali ke rumah masing-masing. Sementara Mark Methrtens masih dibawa KKB.

Belakangan, pihak KKB disebut meminta uang dan senjata sebagai syarat pembebasan pilot Susi Air.




Sumber : Kompas TV


BERITA LAINNYA



Close Ads x