Kompas TV bisnis kebijakan

TransJakarta Perluas Layanan Armada Bus Khusus Perempuan di Lima Koridor

Kompas.tv - 27 Februari 2023, 20:12 WIB
transjakarta-perluas-layanan-armada-bus-khusus-perempuan-di-lima-koridor
Bus TransJakarta pink diperuntukkan untuk pelanggan perempuan melintas di Pasar Baru, Jakarta Pusat, Jakarta pada Senin (25/07/2022). (Sumber: Kompas TV/ANT/Hendri Sukma Indrawan)
Penulis : Gilang Romadhan | Editor : Purwanto

JAKARTA, KOMPAS.TV - Badan Usaha Milik Daerah PT Transportasi Jakarta (TransJakarta) memperluas layanan armada bus khusus wanita di lima koridor. 

Kepala Divisi Sekertaris Perusahaan PT TransJakarta, Apriastini Bakti Bugiansi menyebut perluasan layanan bus berwana pink ini ditunjukkan untuk meningkatkan kenyamanan dan keamanan para penumpan perempuan. 

"Perluasan operasi armada bus pink ini ditujukan untuk meningkatkan kenyamanan dan keamanan pelanggan perempuan," kata Apriastini, Senin (27/2/2023) di Jakarta, dikutip Antara. 

Baca Juga: Ini 3 Lokasi SIM Keliling di Jakarta Pada Hari Ini Minggu 26 Februari 2023, Buka Sampai Jam 12

"TransJakarta memperluas operasi bus pink agar dapat menjangkau lebih banyak penumpang wanita yang bermobilitas seorang diri," sambung Apriastini. 

Perluasan operasi bus pink TransJakarta ini dilakukan secara bertahap. 

Untuk tahap pertama, sebanyak 15 armada bus sudah dioperasikan mulai hari ini, Senin (27/2) di lima koridor; Koridor 2 (Pulogadung-Harmoni), Koridor 3 (Kalideres-Pasar Baru), Koridor 9 (Pinang Ranti-Pluit), PGC Harmoni (5C), dan Koridor 13 (Ciledug-Tandean). 

Sementara untuk tahap kedua bakal dilakukan Maret. Nantinya bakal ada penambahan lima unit armada bus pink TransJakarta denga total jangkaua tujuh rute. 

"Bus pink hadir untuk meminimalisir terjadinya pelecehan seksual. Kami ingin penumpang wanita dapat menikmati layanan TransJakarta dengan merasa aman dan nyaman," lanjut Apriastini.

Baca Juga: Ini 3 Lokasi SIM Keliling di Jakarta Pada Hari Ini Minggu 26 Februari 2023, Buka Sampai Jam 12

Selain itu, Apriastini memaparkan seluruh armada TransJakarta telah dilengkapi dengan CCTV untuk memperkuat rasa aman penumpang. Lain itu, juga ada kahadiran personel kemaanan di halte dan di dalam bus. 

"Dan bila hal itu terjadi, kami akan memfasilitasi pelanggan kami untuk menggunakan hak hukumnya, melalui jalur penegakan hukum kepada pihak berwenang," pungkas Apriastini.
 

Baca Juga: Pelaku Pelecehan Penumpang Transjakarta yang Viral Melawan Akhirnya Ditangkap!

 



Sumber : Kompas TV/Antara


BERITA LAINNYA



Close Ads x