Kompas TV otomotif tips and trick

Bingung Posisi Tutup Tangki BBM di Mobil? Ini Cara Mudah Mengetahuinya

Kompas.tv - 27 Februari 2023, 16:50 WIB
bingung-posisi-tutup-tangki-bbm-di-mobil-ini-cara-mudah-mengetahuinya
Ilustrasi posisi tutup tangki BBM pada mobil. (Sumber: Tribunnews)
Penulis : Danang Suryo | Editor : Purwanto
Ilustrasi posisi tutup tangki BBM pada mobil. (Sumber: Tribunnews)

JAKARTA, KOMPAS.TV - Seringkali kita lupa tentang posisi tutup tangki bahan bakar pada mobil. Saat kita pergi ke pom bensin, kita baru ingat posisi tutup tangki BBM tersebut.

Meskipun bisa dilihat melalui kaca spion, terkadang sulit untuk melihatnya karena terhalang oleh bayangan atau jarak pandang yang terbatas.

Ternyata ada cara yang lebih mudah untuk mengetahui di mana letak tutup tangki BBM yang berada di mobil tanpa menengok spion. Inilah penjelasannya.

Salah satu cara yang dapat dilakukan untuk mengetahui posisi tutup tangki BBM adalah dengan membaca informasi yang ada di belakang setir. Foreman Nissan Bintaro Ibrohim menjelaskan lokasi tutup tangki bisa ditengok lewat status yang berada di spedometer mobil. 

Baca Juga: BLT BBM Buat Kepuasan Publik ke Jokowi Meningkat, Padahal di Era SBY Ditolak PDIP

Sebagian besar mobil dilengkapi dengan simbol atau ikon gambar tangki BBM pada spedometer yang menunjukkan posisi lokasi tutup tangki. Jika simbol tersebut berada di sisi kanan spedometer, maka posisi tutup tangki berada di sebelah kanan mobil.

“Ada lambang khusus yang menginformasikan di mana posisi tutup tangki BBM pada mobil yang digunakan, yaitu dengan melihat lambang pompa bensin yang ada di dekat diagram level BBM,” ucap Ibrohim, Senin (27/2/2023) dikutip dari Kompas.com.

Sebaliknya, jika simbol tersebut berada di sisi kiri, maka posisi tutup tangki berada di sebelah kiri mobil. Metode ini sangat mudah dan cepat dilakukan, sehingga Anda tidak perlu lagi khawatir lupa atau kebingungan mencari posisi tutup tangki BBM.

Baca Juga: Harga Pertalite, Solar, dan Pertamax Naik, Ini Cara Menghemat Bensin agar Tak Boros

 

Metode ini jelas Ibrohim sudah ada cukup lama dan mobil modern telah menerapkan konsep ini. Namun, masih banyak pengendara yang belum mengetahuinya.

“Mulai tahun 2000-an sudah ada metode tersebut, namun faktanya tidak semua orang mengetahuinya, jadi masih harus kesulitan ketika mengantre di pom bensin,” jelasnya.



Sumber : Kompas.com


BERITA LAINNYA



Close Ads x