Kompas TV bisnis ekonomi dan bisnis

Sri Mulyani Instruksikan Dirjen Pajak Klarifikasi Kekayaan, Imbas Viral Foto Kendarai Moge

Kompas.tv - 27 Februari 2023, 05:35 WIB
sri-mulyani-instruksikan-dirjen-pajak-klarifikasi-kekayaan-imbas-viral-foto-kendarai-moge
Dirjen PaJak Suryo Utomo mengatakan, pihaknya tengah melakukan pemeriksaan terhadap Kepala Bagian Umum di Kanwil DJP Jakarta II Rafael Alun Trisambodo. Rafael adalah ayah dari Mario, pelaku penganiayaan terhadap anak petinggi GP Ansor. (Sumber: Kompas.tv/Ant)

JAKARTA, KOMPAS.TV - Foto Direktur Jenderal (Dirjen) Pajak Suryo Utomo mengendarai moge bersama klub Belasting Rijder DJP, viral di media sosial beberapa waktu belakangan ini.

Menanggapi hal itu Menteri Keuangan Sri Mulyani menginstruksikan Dirjen Pajak melakukan klarifikasi kekayaannya.

Tanggapan itu diunggah Sri Mulyani dalam akun media sosial pribadinya, @smindrawati, Minggu (26/2/2023).

"Jelaskan dan sampaikan kepada/publik mengenai jumlah harta kekayaan Dirjen Pajak," kata Sri Mulyani.

Sri Mulyani meminta Suryo Utomo menjelaskan sumber kekayaannya, sesuai dengan yang pernah dilaporkannya dalam Laporan Harta Kekayaan Penyelenggara Negara (LHKPN).

Baca Juga: Geram! Sri Mulyani Minta Belasting Rijder, Klub Moge Dirjen Pajak Dibubarkan

Dalam poin kedua, Sri Mulyani juga meminta Belasting Rijder, klub motor besar atau moge yang diisi para pegawai Direktorat Jenderal Pajak (DJP), dibubarkan.

Menurut Sri Mulyani, hobi dan gaya hidup mengendarai moge menimbulkan persepsi negatif masyarakat, serta menimbulkan kecurigaan mengenai sumber kekayaan para pegawai DJP.

"Bahkan apabila moge tersebut diperoleh dan dibeli dengan uang halal dan gaji resmi, mengendarai dan memamerkan moge bagi pejabat/pegawai pajak dan Kemenkeu telah melanggar asas kepatutan dan kepantasan publik."



Sumber : Kompas TV


BERITA LAINNYA



Close Ads x