Kompas TV nasional hukum

KPK Agendakan Pemeriksaan Rafael Alun Trisambodo untuk Konfirmasi soal LHKPN dan Mobil Rubicon

Kompas.tv - 24 Februari 2023, 22:48 WIB
kpk-agendakan-pemeriksaan-rafael-alun-trisambodo-untuk-konfirmasi-soal-lhkpn-dan-mobil-rubicon
Pejabat Eselon III Kabag Umum Kanwil Ditjen Pajak Jakarta Selatan II Rafael Alun Trisambodo. (Sumber: Tangkap Layar Video Permintaan Maaf Rafael Alun Trisambodo)
Penulis : Johannes Mangihot | Editor : Vyara Lestari

JAKARTA, KOMPAS.TV - Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) mengagendakan pemanggilan pejabat Direktorat Jenderal Pajak, Kementerian Keuangan, Rafael Alun Trisambodo.

Pemanggilan Rafael ini terkait mobil mewah Rubicon yang digunakan sang anak yang tidak masuk dalam Laporan Harta Kekayaan Penyelenggara Negara (LHKPN) Rafael.

Kepala Bagian Pemberitaan KPK Ali Fikri menjelaskan pemanggilan Rafael adalah untuk mengklarifikasi LHKPN yang dilaporkan dengan harta faktual yang dimilikinya. 

Hal ini sebagaimana fungsi LHKPN KPK yang tidak hanya melakukan pemantauan kepatuhan pelaporan, tetapi juga pemeriksaan LHKPN dari para penyelenggara negara.

Baca Juga: Rafael Alun Trisambodo Pejabat Pajak Minta Maaf Atas Ulah Anaknya !

"Terkait laporan LHKPN salah seorang penyelenggara negara di Kementerian Keuangan, yang saat ini sedang ramai menjadi perbincangan publik, kami sampaikan bahwa KPK akan segera melakukan pemanggilan kepada yang bersangkutan," ujar Ali dalam keterangan tertulisnya, Jumat (24/2/2023).

Ali menambahkan, selain pemanggilan, KPK telah melakukan pemeriksaan terkait LHKPN Rafael Alun Trisambodo yang dilaporkan tahun 2012-2019. 

Menurut Ali, hasil dari pemeriksaan tersebut telah disampaikan dan dikoordinasikan dengan Inspektorat Kemenkeu untuk ditindaklanjuti. 

Baca Juga: Punya Rubicon dan Motor Harley, Mahfud MD Minta KPK Usut Harta Kekayaan Rafael Ayah Mario Dandy

"Sebagai bagian dari upaya pencegahan korupsi, LHKPN merupakan bentuk pertanggungjawaban dan transparansi seorang penyelenggara negara atas harta yang dimilikinya, yang notabene bersumber dari anggaran negara," ujar Ali.

Adapun selama 2022, KPK telah melakukan pemeriksaan terhadap sejumlah 195 LHKPN, dan tahun sebelumnya 2021 sejumlah 185 LHKPN. 

Pemeriksaan ini untuk mendukung tugas-tugas pencegahan korupsi atupun dukungan penanganan perkara tindak pidana korupsi.

Sebelumnya, Menkeu Sri Mulyani mencopot Rafael dari jabatan dan tugasnya sebagai  Kepala Bagian Umum Direktorat Jenderal Pajak Kemenkeu Kantor Wilayah Jakarta Selatan II. 


 

Nama Rafael Alun Trisambodo ramai diperbincangkan lantaran Mario Dandy Satriyo putranya ditetapkan sebagai tersangka penganiayaan remaja bernama David. 

Di media sosial, Mario Dandy kerap memamerkan harta kekayaan, termasuk mobil Rubicon yang kini disita Polres Jakarta Selatan sebagai barang bukti kendaraan yang dikendarai Mario untuk bertemu korban. 

 



Sumber : Kompas TV


BERITA LAINNYA



Close Ads x